Keunikan Bahasa Arab

Oleh: Saiful Hadi

Di era kejayaan Umat Islam bahasa Arab bisa dikatakan sebagai bahasa Internasional dan bahasanya dunia akademisi. Pada masa itu buku karangan kita akan menjadi sangat bernilai tinggi jika ditulis dalam bahasa arab. Sehingga, saat itu kita tidak perlu repot-repot untuk mendapatkan nilai Toefl tinggi karena memang tidak dibutuhkan, dan tentu saja kondisinya berbeda dengan sekarang, dimana dunia telah terbalik arah. 

Perkembangan ilmu pengetahuan saat itu juga tidak terlepas dari dukungan Sultan. Buktinya, seperti di era keemasan Abbasiyah Bagdad, banyak terdapat berbagai pusat kajian ilmu dan perpustakaan besar dengan berjilid judul buku, namun sayangnya semua itu musnah ketika invansi bangsa mongol. Seluruh buku dibakar dan ada yang dibuang ke sungai Tigris, bahkan ada yang mengatakan air sungai tigris berubah menjadi hitam karena saking banyaknya buku yang dibuang ke sana.

Kembali ke bahasa Arab, ada keunikan tersendiri dari bahasa yang satu ini, perbedaan baris saja bisa menyebabkan terjadinya perbedaan makna, apalagi perubahan huruf. Misalnya, kalimat غسل jika dibaca dengan dhummah pada huruf  غ  (gruslu) akan bermakna mandi, namun jika dibaca dengan fatah غ   (graslu) artinya menjadi basuh. Contoh lainnya seperti kata حب . Jika kalimat tersebut dibaca dengan fatah kha (habb) artinya menjadi bijian, namun dengan kassrah kha (hibb) berarti mencintai, karena itu ada yang mengartikan cinta laksana sebuah bijian yang tumbuh mengakar dari hati sehingga berbuahlah berbagai macam rasa yang indah.

Bahasa Alquran
Bahasa arab semakin berkelas karena AlQuran diturunkan dalam bahasa tersebut. Biarpun diturunkan dalam bahasa arab, bukan berarti sama seperti dengan bahasa arab pada umumnya, sebab belum ada satu makhluk pun yang sanggup untuk mencipta dan menandinginya. Bahkan banyak ayat yang menantang mereka yang tidak beriman untuk bisa membuat yang serupa dengannya walau satu ayat saja. 

Sebagaimana ilustrasi di atas, perbedaan harakat bisa mempengaruhi makna kandungannya. Seperti yang terjadi pada masa Abul Aswad Ad-Duali (w.688 M) dimana mushaf Al-quran masih belum dilengkapi dengan harakat seperti yang kita lihat sekarang, sehingga sangat rentan terjadi salah dalam membaca.

Ad-Duali pernah mendengar seseorang membaca ayat ﺃﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺮﻱﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺸﺮﻛﻴﻦ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ “Anna Allahabari'un-mina-l musyrikiin wa rasuulihi, (QS. At-Taubah : 3), seharusnya dibaca “Rasuluhu”. Jika diartikan akan sangat jauh berbeda. Bacaan pertama tersebut berarti “Sesungguhnya Allah berlepas diri dari orang-orang musyrik dan rasulnya ...” Tentu saja arti tersebut menyesatkan, karena Allah tidak pernah berlepas dari utusanNya. Kalimat yang semestinya seharusnya berarti “Sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari orang-orang musyrikin.” Hanya karena satu harakat, tapi mengubah arti yang begitu banyak [1]

Itu baru masalah baris, belum lagi mengenai penafsiran isi kandungannnya. Dalam Al-Itqan fil Ulumil Quran[2], Imam As-Suyuti menuliskan, sesorang baru boleh menafsirkan quran jika telah menguasai 15 (lima belas) cabang ilmu, diantaranya Ilmu Lughah, Nahwu, Sharaf, Isytaq, Ma'ani, Bayan, Badi',  ilmu qiraat, ushuluddin, ushul fiqih, asbabun nuzul, Nasikh mansukh, fiqih, serta hadist. Sehingga slogan kembali ke Al-Quran dan Sunnah tidaklah semudah lidah berucap, tidak bisa sembarangan seenak perut mentafsirkan quran, apalagi hanya bermodalkan terjemahan saja, perlu diingat bahwa terjemahan bukanlah penafsiran.

Kita patut bersyukur karena generasi Awal Islam telah membukukan Al-Quran dan sudah dilengkapi dengan harakat seperti yang kita lihat sekarang. Andai quran masih dalam bentuk arab gundul, untuk bisa membacanya kita harus paham ilmu nahwu dan saraf, tahu yang mana Mubtada dan Khabar, fiil dan fail dan seterusnya. Salah satu faedah mempelajari Nahwu adalah supaya terhindar dari kesalahan dan memudahkan dalam memahami kalam Allah Ta'lala dan Rasulnya yang Mulia [3]. Tapi alangkah ironisnya, biarpun sudah berbaris namun masih saja ada yang sulit membaca Al-Quran, sebenarnya bukan tidak bisa tapi karena tidak mempelajarinya saja dengan sungguh-sungguh.

Untuk itu sebagai muslim kita perlu membenahi diri agar tidak buta terhadap Al-Quran. Apa jadinya jika terjadi kesalahan pembacaan baris dalam alfatihah, bisa-bisa shalat menjadi tidak sah. Terutama sekali bagi pemuda pemudi yang hendak menuju ke jenjang pernikahan. Gimana caranya kita hendak membina keluarga yang bersyariat jika baca quran saja masih belepotan. Sebab, yang namanya menikah bukan hanya untuk mereguk kenikmatan sesaat, melalui anda berdua akan lahir generasi penerus yang akan menggantikan kita nantinya. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, selama nyawa masih melekat pada jasad maka masih membentang waktu untuk terus belajar dan bertaubat.

Catatan kaki
[2] Al-Itqan fil ulumil Quran, hal. 555
[3] syaikhalid - Aljurumiah
Name

akhlaq,6,Aqidah,25,Berita,2,biografi,19,Buku,11,dakwah,46,Dayah,11,Doa,12,Download,11,Dunia Muslim,18,ebook,11,Fiqih,114,gerhana,15,Ibadah,44,Infografik,7,Islam,61,jamaah,1,Jinayah,1,Jumat,41,khutbah,41,Kisah,20,LGBT,1,Masjid,15,Mazhab,1,Motivasi,209,Muamalah,12,Nikah,55,PELAJAR,5,Perpustakaan,34,Puasa,12,quote,3,quran,2,qurban,1,Ramadhan,12,santri,13,sejarah,24,Shalat,18,Syar'i,1,Tafsir,8,Tarawih,26,Thaharah,5,tokoh,11,Ulama,2,Video,56,Warisan,11,
ltr
item
Catatan Fiqih: Keunikan Bahasa Arab
Keunikan Bahasa Arab
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqls5a7lc60WqYbhT5RL3D5Dci77TEvEKvMvM_cwhJw2wvzcDR0woz82WZu-LwcPbJyugmOhCIkv5lAdexgUbqBRjLZedPTsrclBzEB387Dqool3KI4gLa3ZRzPL_O-lOe7hxUgTWxsXw/s640/Catatanfiqihdotcom_20160311223941749.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqls5a7lc60WqYbhT5RL3D5Dci77TEvEKvMvM_cwhJw2wvzcDR0woz82WZu-LwcPbJyugmOhCIkv5lAdexgUbqBRjLZedPTsrclBzEB387Dqool3KI4gLa3ZRzPL_O-lOe7hxUgTWxsXw/s72-c/Catatanfiqihdotcom_20160311223941749.jpg
Catatan Fiqih
https://www.catatanfiqih.com/2014/08/keunikan-bahasa-arab.html
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/2014/08/keunikan-bahasa-arab.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content