Archive Pages Design$type=blogging

Hikmah Pemberian Mahar

oleh: Saiful Hadi Seiring dengan terus merosotnya nilai tukar rupiah, harga emas malah semakin meroket tajam. Fenomena ini sungguh meng...


oleh: Saiful Hadi

Seiring dengan terus merosotnya nilai tukar rupiah, harga emas malah semakin meroket tajam. Fenomena ini sungguh menggusarkan hati, terutama bagi para jomblo yang hendak melepas masa lajangnya. Bagaimana tidak gusar, emas naik brarti mahar pun menjadi semakin sulit. Khususnya di Aceh yang namanya mahar itu identik dengan emas, dan sistem satuan emas bukan “gram” melainkan “mayam”, satu mayam ini setara dengan 3.33 gram. Katakanlah ada calon istri yang menetapkan mahar 10 mayam, maka untuk urusan mas kawin saja harus mempersiapkan sekitar 17 Jutaan. Sebenarnya, persoalan mahar bukanlah sebuah hal yang perlu dirisaukan. Buktinya banyak anak muda yang berhasil melangsungkan pernikahan tanpa ada kendala yang berarti.

Perlu digaris bawahi, yang namanya mahar bukanlah harga dari wanita yang dinikmati kemaluannya, karena pada prinsipnya nikah itu adalah hubungan kemitraan. Allah Ta'ala menjadikan manfaat dan tujuan-tujuan nikah berupa penyaluran hasrat biologis, dan memiliki keturunan sebagai sesuatu yang bersifat persekutuan alias hak bersama, atau hubungan timbal balik antara keduanya yang sama-sama merasakan manfaat. Dengan kata lain, sebagaimana suami memperoleh manfaat yang berupa kenikmatan biologis dan keturunan, demikian halnya dengan istri juga memperoleh apa yang didapatkan oleh suami.

Berbeda halnya dengan jual beli, dimana manfaat dari benda adalah untuk pembeli yang telah membayarkan harga tertentu kepada penjual. Jadi pada dasarnya, mahar tersebut tidak lain adalah pemberian Allah Ta'ala dan ini adalah sesuatu yang disepakati, demikian penjelasan Syaikh Wahbah Az-Zuhailili dalam Tafsir Al-Munir.

Sementara mengenai kadar mahar, para ulama sepakat bahwa tidak ada batasan maksimal. Sedangkan untuk batasan minimal terjadi silang pendapat. Biarpun tidak ada batasan mengenai nilai maksimalnya, Rasulullah saw menganjurkan untuk tidak berlebih-lebihan dalam masalah mahar tersebut. Sebagaimana dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, al-Hakim, dan Baihaqi dari Sayyidah Asiyah ra, beliau bersabda:

إن من يمن المرأة تيسير خطبتها وتيسير صدقاتها
"Diantara keberkahan seorang wanita adalah mudah pinangannya dan mudah maharnya".

Namun demikian, sebagai lelaki jangan meremehkan mengenai masalah mahar, karena hal itu adalah haknya seorang istri. Penuhi hak mereka dengan baik dan bergaul dengannya secara baik-baik pula. Karena sesungguhnya wanita memiliki perasaan dan sensitifitas yang tajam. Seorang wanita menyukai dari diri seorang lelaki sesuatu yang sama disukai oleh lelaki terhadap wanita. Untuk itu pasanglah selalu wajah yang ceria, murah senyum, bersikap lembut dan ramah, serta memberi keluasan rizki kepada mereka dengan sesuatu yang halal sesuai dengan kemampuan.

COMMENTS

Name

akhlaq Aqidah biografi Dayah Download Dunia Muslim Fiqih Haji hijab Ibadah Islam jamaah Jinayah Jumat khutbah Masjid menulis mesjid Motivasi Muamalah Nikah PELAJAR Perpustakaan Puasa quote quran qurban Ramadhan safari santri sejarah Shalat Syar'i Tafsir Tarawih Tasawwuf Tauhid Thaharah tokoh Ulama Video Warisan zakat
false
ltr
item
Catatan Fiqih: Hikmah Pemberian Mahar
Hikmah Pemberian Mahar
http://2.bp.blogspot.com/-zTUmJJ6-dus/Vd50WlmT0wI/AAAAAAAAEPU/d2fzkWPvhCs/s640/1648251.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-zTUmJJ6-dus/Vd50WlmT0wI/AAAAAAAAEPU/d2fzkWPvhCs/s72-c/1648251.jpg
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2015/08/hikmah-pemberian-mahar.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2015/08/hikmah-pemberian-mahar.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago