Archive Pages Design$type=blogging

Imam Ahmad dan Dahsyatnya Kekuatan Istighfar

Setiap insan memang tidak akan luput dari dosa dan kesalahan, dan sebaik-baik insan adalah yang mau bertaubat dan memohon ampunan terhadap d...

Setiap insan memang tidak akan luput dari dosa dan kesalahan, dan sebaik-baik insan adalah yang mau bertaubat dan memohon ampunan terhadap dosa dan kesalahannya. Dalam riwayat disebutkan bahwa tidak kurang dari 70x Rasulullah beristighfar dalam sehari semalam, padahal sebagaimana kita ketahui beliau adalah seseorang yang maksum dan terjamin dari berbuat dosa.

Dalam sebuah hadist Rasulullah saw menyatakan bahwa memperbanyak istighfar merupakan salah satu kunci rizki,

“مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ؛ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ

كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ”

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka”  (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

Berbicara tentang istighfar, dalam manakib imam Ahmad ada sebuah kisah menarik yang beliau alami perihal istighfar. Suatu ketika dimasa akhir hidup beliau, pendiri Mazhab Hanbali ini bercerita, "satu waktu (ketika saya sudah usia tua) saya tidak tau kenapa ingin sekali menuju ke salah satu kota di Irak,".

Padahal tidak ada janji sama orang dan tidak ada hajat. Akhirnya Imam Ahmad pergi sendiri menuju ke kota Bashrah. Beliau bercerita "saat tiba disana waktu Isya', saya ikut shalat berjamaah isya di masjid, hati saya merasa tenang, kemudian saya ingin istirahat". Begitu selesai shalat dan jamaah bubar, imam Ahmad ingin tidur di masjid, tiba-tiba petugas pengurus masjid datang menemui imam Ahmad sambil bertanya "kenapa syaikh, mau ngapain disini?". (kata "syaikh" bisa dipakai untuk 3 panggilan, bisa untuk orang tua, orang kaya ataupun orang yang berilmu. Panggilan Syaikh dikisah ini panggilan sebagai orang tua, karena imam Ahmad kelihatan sebagai orang tua).

Sang pengurus mesjid ini tidak tau kalau beliau adalah Imam Ahmad. Dan Imam Ahmad pun juga tidak memperkenalkan siapa dirinya. Di Irak, semua orang kenal siapa imam Ahmad, seorang ulama besar dan ahli hadis, sejuta hadis dihafalnya, sangat shalih dan zuhud. Zaman itu tidak ada foto sehingga orang tidak tahu wajahnya, cuma namanya sudah terkenal. Kata imam Ahmad "saya ingin istirahat, saya musafir". Kata pengurus mesjid, "tidak boleh, tidak boleh tidur di masjid.

Imam Ahmad melanjutkan bercerita "saya didorong-dorong oleh orang itu disuruh keluar dari masjid, Setelah keluar masjid, maka dikuncilah pintu masjid.

Lalu saya ingin tidur di teras masjid." Ketika sudah berbaring di teras masjid, petuhas itu datang lagi, marah-marah kepada Imam Ahmad. "Mau ngapain lagi syaikh?" Kata petugas. "Mau tidur, saya musafir" kata imam Ahmad. Lalu petugas itu berkata, "di dalam masjid tidak boleh, di teras masjid juga tidak boleh". Imam Ahmad diusir. Imam Ahmad bercerita " saya didorong-dorong sampai jalanan". Di samping masjid ada penjual roti (rumah kecil sekaligus untuk membuat dan menjual roti). Penjual roti ini sedang membuat adonan, sambil melihat kejadian imam Ahmad didorong-dorong oleh marbot tadi. Saat imam Ahmad sampai di jalanan, penjual roti itu memanggil dari jauh "mari syaikh, anda boleh nginap di tempat saya, saya punya tempat, meskipun kecil".

Kata imam Ahmad "baik". Imam Ahmad masuk ke rumahnya, duduk dibelakang penjual roti yang sedang membuat roti (dengan tidak memperkenalkan siapa dirinya, hanya bilang sebagai musafir).

Penjual roti ini punya perilaku tersendiri, kalau imam Ahmad ngajak ngomong, dijawabnya. Kalau tidak, dia terus membuat adonan roti sambil melafalkan istighfar, Astaghfirullah. Saat meletakkan garam astaghfirullah, memecahkan telur astaghfirullah, mencampur gandum astaghfirullah. Selalu mengucap istighfar.

Imam Ahmad memperhatikan terus. Lalu imam Ahmad bertanya "sudah berapa lama kamu lakukan ini?". Orang itu menjawab "sudah lama sekali syaikh, saya menjual roti sudah 30 tahun, jadi semenjak itu saya lakukan". Imam Ahmad bertanya : "apa hasil dari perbuatanmu ini?", orang itu menjawab "(lantaran wasilah istighfar) tidak ada hajat yang saya minta , kecuali pasti dikabulkan Allah. semua yang saya minta ya Allah...., langsung diterima". (memang Nabi saw pernah bersabda :"siapa yang menjaga istighfar, maka Allah akan menjadikan jalan keluar baginya dari semua masalah dan Allah akan berikan rizki dari jalan yang tidak disangka-sangkanya).

Lalu orang itu melanjutkan "semua dikabulkan Allah kecuali satu, masih satu yang belum Allah kabulkan".

Imam Ahmad penasaran kemudian bertanya "apa itu?". Kata orang itu "saya minta kepada Allah supaya dipertemukan dengan imam Ahmad". seketika itu juga imam Ahmad bertakbir, "Allahuakbar, Allah telah mendatangkan saya jauh dari Bagdad pergi ke Bashrah dan bahkan sampai didorong-dorong oleh petugas pengurus masjid itu sampai ke jalanan karena istighfarmu"..(penjual roti terperanjat, memuji Allah, ternyata yang di depannya adalah Imam Ahmad).

Demikianlah sekelumit kisah yang semoga mengisnpirasi kita untuk beristighfar kepada Allah Ta'ala, dan terus memperbaiki diri terhadap kesalahan-kesalahan yang pernah dikerjakan.

COMMENTS

Name

akhlaq Aqidah biografi dakwah Dayah Download Dunia Muslim ebook Fiqih gerhana Haji hijab Ibadah ilmu Infografik Islam jamaah Jinayah Jumat khutbah Kisah kitab LGBT Masjid menulis mesjid Motivasi Muamalah Nikah PELAJAR Perpustakaan Puasa quote quran qurban Ramadhan safari santri sejarah Shalat syaban Syar'i Tafsir Tarawih Tasawwuf Taubat Tauhid Thaharah tokoh Ulama Video Warisan zakat
false
ltr
item
Catatan Fiqih: Imam Ahmad dan Dahsyatnya Kekuatan Istighfar
Imam Ahmad dan Dahsyatnya Kekuatan Istighfar
https://lh3.googleusercontent.com/-x5geVYAP9Eg/Wu-Uuq_1RAI/AAAAAAAAH48/w6Tel01obr4Su_hFSZor6ELp_Xk0lvOvwCHMYCw/s640/Cara-Taubat-Nasuha-dan-Cara-Melaksanakan-Solat-Sunat-Taubat.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-x5geVYAP9Eg/Wu-Uuq_1RAI/AAAAAAAAH48/w6Tel01obr4Su_hFSZor6ELp_Xk0lvOvwCHMYCw/s72-c/Cara-Taubat-Nasuha-dan-Cara-Melaksanakan-Solat-Sunat-Taubat.jpg
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2018/05/imam-ahmad-dan-dahsyatnya-kekuatan.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2018/05/imam-ahmad-dan-dahsyatnya-kekuatan.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago