Kisah Hikmah: Batal Bercerai Karena Surat At-Tin

Kejadian nyaris cerai itu terjadi pada seorang laki-laki yang bernama Isa bin Musa Al-Hasyimi. Pada suatu pagi ia bergegas menemui khalifah Al Manshur. Semalaman dia tidak bisa tidur akibat candaan konyol yang ia lontarkan kepada istrinya yang belum lama ia nikahi.

Batal Bercerai Karena Surat At-Tin

Ketika Khalifah Abu Ja'far Al-Mansur naik tahta sebagai khalifah kedua bani Abbasyiah, tercatat sebuah kisah heboh perihal kasus perceraian. Bersebab gombal yang kelewatan, nyaris saja seorang suami kehilangan istri yang begitu dicintainya lantaran tertalaq tiga.

Kisah tersebut didokumentasikan dengan baik oleh imam Al Qurthubi dalam tafsirnya, dan dikutip ulang oleh Syaikh Wahbah Zuhaili dalam Tafsir Al-Munir juz 15 ketika menguraikan surat At-Tin.

Kejadian nyaris cerai itu terjadi pada seorang laki-laki yang bernama Isa bin Musa Al-Hasyimi. Pada suatu pagi ia bergegas menemui khalifah Al Manshur. Semalaman dia tidak bisa tidur akibat candaan konyol yang ia lontarkan kepada istrinya yang belum lama ia nikahi.

Awal mula cerita, semalam saat ia bercengkerama dengan istrinya sambil menikmati suasana malam bulan purnama. Meski purnama tidak terlihat karena langit mendung, namun sepasang suami istri yang tengah dalam suasana bulan madu, tetap membuat indah suasana obrolan mereka.

Sambil menatap langit, sambil bercanda Isa berkata kepada istrinya : " Sayangku...andai bulan purnama malam ini lebih cantik dari dirimu, maka aku ceraikan kamu talaq 3 sekaligus".

Selang beberapa saat kemudian, dengan izin Allah, bulan yang tadinya tertutup oleh awan mendung, perlahan mulai menampakkan parasnya yang begitu cantik. Maka canda tawa dan kebahagian yang di rasakan keduanya malam itu mendadak sirna seketika. Isa pun kaget luar biasa, demikian pula sang istri serasa langit runtuh menimpa dirinya. Maka malam itupun keduanya serasa kembali menjadi orang asing satu sama lain. Keindahan pernikahan yang baru di rasakan, serasa di rampas oleh keindahan rembulan lantaran ia merasa talaq telah terjatuhkan.

Maka pagi itu, bergegas ia menuju istana khalifah Al Manshur, Isa pun segera menceritakan peristiwa yang ia lalui semalam. Dia berharap ada solusi dari sang khalifah perihal musibah yang baru menimpanya. Apakah kata cerai yang semalam ia sampaikan kepada istrinya dengan maksud bercanda di hukumi sah ataukah tidak ? Jika sah apakah  dianggap jatuh thalaq satu atau thalaq tiga yang berarti dia tidak bisa rujuk lagi.

Untuk mendapatkan jawaban dari persoalan Isa bin Musa Al Hasyimi, khalifahpun mengumpulkan para ulama' untuk mendiskusikannya. Setelah para ulama' berkumpul, tanpa butuh waktu lama, satu persatu dari mereka menyampaikan pendapatnya. Kesimpulan dari semua ulama menyatakan bahwa thalaq yang di ucapkan Isa dianggap sah.

Namun ada satu ulama' yang belum mengemukakan pendapatnya. Khalifahpun meminta ulama' yang satu itu untuk mengemukakan pendapatnya. Begitu di minta mengemukakan pendapatnya, sang ulama' membaca surat At Tiin, dan ketika sampai pada ayat :

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ (4)

”Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” (QS. At-Tin. 95: 4)

Sang Ulama pun berkata : " Allah SWT menyampaikan kepada kita, bahwa Dia menciptakan manusia dalam bentuk atau rupa yang paling baik. Tidak ada sesuatu yang di ciptaan Allah SWT yang lebih indah  dari manusia. Maka Indahnya purnama tetap tidak seindah rupa manusia.

Demikian pula, sang khalifah pun sepakat dengan jawaban syeikh yang satu itu. Lalu ia pun berkata kepada Isa bin Musa : " Keputusanku seperti apa yang di kemukakan syeikh tadi, engkau masih tetap menjadi suami bagi istrimu, pulanglah.. ".

Kemudian khalifah mengirim seorang utusan kepada istri Isa bin Musa Al Hasyimi, menyampaikan bahwa ia masih tetap menjadi istri yang sah bagi suaminya.

Berkaca dari kisah ini, sudah sepatutnya terutama bagi para suami untuk tidak bercanda dalam hal talaq/cerai. Sebab, akan sangat fatal akibatnya jika talaq telah terlajur dilakukan. Apalagi jika talaq yang dijatuhkan berupa talaq tiga, maka sang suami tidak bisa rujuk kepada istrinya sebelum ia menikah dulu dengan lelaki yang lain, setelah diceraikan dan lalu iddah barulah boleh untuk menikah kembali dengan sang istri yang telah di talaq tiga.

COMMENTS

BLOGGER
Name

akhlaq,16,Aqidah,35,biografi,38,dakwah,8,Dayah,8,Doa,2,Download,8,Dunia Muslim,67,ebook,2,Fiqih,112,gerhana,2,Haji,4,hijab,2,Ibadah,131,ilmu,5,Infografik,23,Islam,178,jamaah,3,Jinayah,1,Jumat,7,khutbah,12,Kisah,13,kitab,1,LGBT,2,Masjid,4,Mazhab,5,menulis,3,mesjid,2,Motivasi,262,Muamalah,30,Nikah,74,PELAJAR,11,Perpustakaan,51,Puasa,27,quote,15,quran,12,qurban,3,Ramadhan,11,safari,1,santri,15,sejarah,15,Shalat,37,syaban,1,Syar'i,7,Tafsir,20,Tarawih,8,Tasawwuf,14,Taubat,1,Tauhid,2,Thaharah,14,tokoh,6,Ulama,15,Video,20,Warisan,9,Wuquf,1,zakat,1,
ltr
item
Catatan Fiqih: Kisah Hikmah: Batal Bercerai Karena Surat At-Tin
Kisah Hikmah: Batal Bercerai Karena Surat At-Tin
Kejadian nyaris cerai itu terjadi pada seorang laki-laki yang bernama Isa bin Musa Al-Hasyimi. Pada suatu pagi ia bergegas menemui khalifah Al Manshur. Semalaman dia tidak bisa tidur akibat candaan konyol yang ia lontarkan kepada istrinya yang belum lama ia nikahi.
https://1.bp.blogspot.com/-Sdj40Z06NiI/XRFkP8NDzzI/AAAAAAAAI1M/u1q3MUstXeQWn59mFiSfmF1CSaP0dDJcACLcBGAs/s640/Kisah%2BHikmah.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Sdj40Z06NiI/XRFkP8NDzzI/AAAAAAAAI1M/u1q3MUstXeQWn59mFiSfmF1CSaP0dDJcACLcBGAs/s72-c/Kisah%2BHikmah.jpg
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2019/06/kisah-hikmah-batal-bercerai-karena.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2019/06/kisah-hikmah-batal-bercerai-karena.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy