Pemuda adalah Harapan Pemudi

Oleh: Saiful Hadi

Pemuda dalam bahasa Arab disebut dengan Al-Fata. Menurut Syech Yusuf Qardhawi pemuda itu bagaikan titik kulminasi matahari, yàng merupakan titik dengan energi panas tertinggi. Berbincang tentang pemuda, Bapak Proklamator negeri ini juga pernah berkata “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. Demikianlah gambaran terbaik dari seorang pemuda, dimana pada saat itulah dia memiliki energi yang paling tinggi, semangat juang yang membara, serta perasaan cinta yang menggelora.

Membuka lembaran-lembaran sejarah, ada banyak pemuda yang telah mengguncangkan dunia. Kita sebut saja seperti Sultan Muhammad Al-Fatih sang penakluk Konstantinopel, di usia yang masih 19 tahun beliau diangkat menjadi sultan dan ketika berusia 21 tahun beliau berhasil menundukkan konstantinopel. Berbekal persenjataan baru nan canggih hasil rancangan Insinyur Orban, pada 2 april 1453 bersama 80.000 pasukan muslim beliau memulai serangan terhadap 8.000 pasukan kristen dibawah kepemimpinan Kaisar Konstantin XI, yang merupakan Kaisar Byzantium ke-57. Tepat pada tanggal 29 Mei 1453 Konstantinopel akhirnya menyerah dan takluk. Awalnya banyak pihak yang meragukan kemampuan Sang Sultan muda, mengingat usianya yang masih sangat belia serta miskin pengalaman. Tapi siapa yang sangka, konstantinopel yang merupakan pusatnya Dunia Barat selama seribu tahun lebih dan sekaligus pertahanan kristen terhadap Islam akhirnya harus bertekuk lutut di hadapan seorang anak muda.

Mundur beberapa ratus tahun ke belakang, tepatnya tahun 150 H, ditahun itu pendiri Mazhab Hanafi meninggal dunia dan ditahun yang sama Imam Syafie lahir ke dunia. Melihat sosok Imam Syafie muda, beliau adalah seorang petualang cilik yang telah singgah keberbagai tempat guna mencari dan mendalami berbagai macam ilmu pengetahuan. Bahkan beliua pernah melantunkan sebuah syair:

"seekor singa, jika tidak meninggalkan hutan, ia tidak akan mendapat buruan. Anak panah, jika tidak meninggalkan busur, ia tidak akan mengenai sasaran."  

Pada tangan seorang Imam Syafie lah, fiqih madinah dan fiqih irak disatukan, beliaulah yang mengkombinasi Fiqih Iraq Imam Hanafi yang didominasi ra'yu (nalar) dengan fiqih madinah Imam Malik yang bernuansa hadist, sehingga lahirlah sebuah fiqih baru yang unik dengan metode komperhensifnya yang saling memadukan antara wahyu dan nalar.

Menurut penuturan dari Imam Al-Buwaithi, Imam Syafie pernah mengatakan, "seorang lelaki tidak akan sempurna di dunia kecuali apabila ada empat hal pada dirinya, yaitu agama, sifat amanah, menjaga diri, dan bersikap tenang". Setiap Pemuda haruslah memiliki empat sifat tersebut, karena para pemuda adalah harapan setiap pemudi. Sosok pemuda yang baik akan menuntun pemudi ke jalan yang baik pula sehingga bahtera rumah tangga akan terus berlayar tanpa takut diguncang badai kehidupan.

Berbicara tentang kriteria pasangan, Imam Syafie berpesan "kaum mana saja yang perempuannya tidak menikah dengan lelaki di luar kaumnya, atau yang lelakinya tidak menikah dengan perempuan kaum lain, maka anak-anak yang dilahirkan akan menjadi bodoh". Dapat kita pahami, Imam Syafie berpesan kepada kita untuk lebih mengutamakan calon pasangan di luar lingkaran lingkungannya. Hikmah sosial yang satu ini banyak di abaikan manusia, padahal banyak manfaat positif yang bakal didapat. Di antaranya adalah menambah hubungan saudara dengan penduduk ditempat yang lain, menambah wawasan tentang budaya-budaya yang berbeda sehingga akan semakin memperkaya pengalaman hidup.


Referensi
1. Biografi Imam Syafie, Dr. Thariq Suwaidan
2. 1453 detik-detik jatuhnya konstantinopel ke Tangan Muslim, Roger Crowley

COMMENTS

Name

akhlaq,6,Aqidah,25,Berita,2,biografi,19,Buku,11,dakwah,46,Dayah,11,Doa,12,Download,11,Dunia Muslim,18,ebook,11,Fiqih,114,gerhana,15,Ibadah,44,Infografik,7,Islam,61,jamaah,1,Jinayah,1,Jumat,41,khutbah,41,Kisah,20,LGBT,1,Masjid,15,Mazhab,1,Motivasi,209,Muamalah,12,Nikah,55,PELAJAR,5,Perpustakaan,34,Puasa,12,quote,3,quran,2,qurban,1,Ramadhan,12,santri,13,sejarah,24,Shalat,18,Syar'i,1,Tafsir,8,Tarawih,26,Thaharah,5,tokoh,11,Ulama,2,Video,56,Warisan,11,
ltr
item
Catatan Fiqih: Pemuda adalah Harapan Pemudi
Pemuda adalah Harapan Pemudi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgCcZkRyxxYTgQQ_GOHWjIE58XBNAK3x9CjSScQgzg7OaZH0MmLKxw8nT8NYgvNkM8Eadq0L8gzEpUvVYRtCNxhtIOZ8N3OZLk-GrF9UZgHcp7PHFv27_xgDPFSgyqCrP2I_lo6YJMY8wM/s320/kutipan-soekarno-beri-aku-10-pemuda-kuguncang-dunia.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgCcZkRyxxYTgQQ_GOHWjIE58XBNAK3x9CjSScQgzg7OaZH0MmLKxw8nT8NYgvNkM8Eadq0L8gzEpUvVYRtCNxhtIOZ8N3OZLk-GrF9UZgHcp7PHFv27_xgDPFSgyqCrP2I_lo6YJMY8wM/s72-c/kutipan-soekarno-beri-aku-10-pemuda-kuguncang-dunia.jpg
Catatan Fiqih
https://www.catatanfiqih.com/2014/05/pemuda-adalah-harapan-pemudi.html
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/2014/05/pemuda-adalah-harapan-pemudi.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content