Archive Pages Design$type=blogging

Cinta Itu Banyak Bentuknya

Cinta kepada Allah adalah tujuan paling puncak dan tingkatan tertinggi. Dan manusia yang paling bahagia di Akhirat kelak adalah yang pal...

Cinta kepada Allah adalah tujuan paling puncak dan tingkatan tertinggi. Dan manusia yang paling bahagia di Akhirat kelak adalah yang paling kuat Cintanya kepada Allah Ta'ala. Karena di Akhirat kelak ia akan bertemu dengan Nya. Kenikmatan terbesar yang dirasakan oleh orang yang sedang mencintai adalah bertemu dengan yang dicintainya setelah sekian lama merindukannya. tersebut dalam sebuah riwayat "Tidaklah seseorang di antara kalian beriman sebelum Allah dan Rasulnya lebih dicintai dari keluarga dan hartanya serta semua manusia." (HR. Bukhari-Muslim)
 
Ada dua hal yang bisa menambah rasa cinta
Pertama, mengosongkan hati dari selain yang dicintai. Sebab, seperti halnya sebuah bejana yang apabila dalam keadaan kosong dari sesuatu tentu saja bisa diisi dengan sesuatu yang lain.
 
kedua, menyempurnakan ma'rifat. yang dimaksud dengan ma'rifat adalah mengenal Nya lebih mendalam melalui sifat-sifatnya dan ciptaannya agar semakin bertambah rasa dan condong hati kepadanya. kita menjadi takut kepada harimau karena kita telah mengenal sifat-sifatnya yang terkenal buas dan suka memangsa sehingga kita akan menjauhkan diri terhadapnya. Namun demikian, Mengenal Allah Ta'ala bukan mengenal untuk berjauhan darinya melainkan untuk semakin mendekatkan diri kepada Nya.
Cinta tingkat tinggi itu berupa penghambaan diri dan patuh terhadap perintah serta malu jika berbuat salah. Itulah yang diisyaratkan oleh Firman Allah Ta'ala dalam surat Al-Baqarah: 165 "Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah". Kecintaan kepadaNya tentu saja akan membuat hati dan jasad untuk selalu mengerjakan hal-hal yang diRidha oleh Allah. Belum sempurna iman jika hatinya belum sepenuhnya mencintai Allah dan RasulNya, dan belum sempurna iman jika belum mencintai saudaranya seperti mencintai dirnya sendiri sebagaimana sabda Baginda Sayyida Muhammad saw yang terekam dalam Kitab Arbain Imam Nawawi:
“Tidak beriman seseorang di antara kamu sehingga ia mencintai milik saudaranya (sesama muslim) seperti ia mencintai miliknya sendiri”.(HR. Bukhari-Muslim)
 
Dalam hadis yang lain beliau bersabda: "Sesungguhnya orang yang paling dekat kedudukannya denganku di antara kalian adalah yang paling baik akhlaqnya dan yang senantiasa bersikap rendah hati. Orang-orang yang seperti itu termasuk kelompok yang mencintai dan yang dicintai" (HR. Ahmad) 
 
Mungkin seseorang mencintai orang lain didasarkan atas kepribadian yang elok dan simpatik dari orang tersebut. Atau bisa juga karena orang itu dapat membantu dirinya meraih tujuan diluar kemampuannya sendiri, dimana biasanya tujuan ini berkaitan dengan kepentingan duniawi. atau karena orang yang dimaksud bersedia membantunya untuk mendapatkan keuntungan Akhirat. atau ia semata-mata mencintai karena Allah dan demi Nya, meski ia tidak mendapatkan keuntungan di dunia maupun akhirat dari kecintaanya, melainkan didasari karena orang yang dicintai termasuk bagian dari hamba-hamba Allah.


Barangsiapa yang menyukai sesuatu, ia juga akan menyukai orang yang mempunyai kesukaan yang sama dengannya, inilah yang disebut dengan bersaudara karena Allah, tak peduli ia lahir ditanah mana dan warna kulitnya apa,jika dia telah berikrar dua kalimah syahadah maka ia adalah saudara kita dan kita punya hak untuk merasa senasib dengannya. sebagaimana yang kita saksikan dewasa ini, seluruh dunia islam bergejolak dengan masalahnya masing-masing,apakah itu di Aceh, Indonesia, Palestina, Mesir, Libiya dan sebagainya. 
 
Lantas kenapa begitu banyak gejolak yang terjadi didalam Negera-negara muslim,? salah satu jawabannya adalah telah menipisnya iman dan taqwa dalam dada kita sebagaimana Firman Allah ta'ala :
"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendus-takan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka di-sebabkan perbuatan mereka sendiri". (Al-A'raf: 96).

Dalam ayat yang mulia ini Allah menjelaskan, seandainya (dengan penggunaan huruf syarat) penduduk negeri-negeri merealisasikan dua hal, yakni iman dan taqwa, niscaya Allah akan melapangkan kebaikan (sebagai jawaban untuk syarat yang diajukan) untuk mereka dan memudahkan mereka mendapatkannya dari segala arah. akan tetapi jika mendustakan ayat-ayat Nya dengan berlaku kufur maka akan ditimpa dengan berbagai siksa dan kemalangan.

Inilah dua hal yang harus kita benahi didalam pribadi masing-masing,karena sesungguhnya orang yang beriman itu akan mencintai Allah dan Rasulnya, mencintai saudara-saudaranya, mengasihani kedua orang tuanya, menyayangi anak-anaknya, berlaku adil terhadap Rakyatnya dan menebar rahmat untuk seluruh lingkungan yang dia tempati.
 
Catatan Kaki:
[1] Ihya Ulumuddin
- Bab. Cinta, Rindu, Ridha
- Bab. Adab Bersahabat
[2] Matan Arbain 

COMMENTS

Name

akhlaq Aqidah biografi Dayah Download Dunia Muslim Fiqih Haji hijab Ibadah Islam jamaah Jinayah Jumat khutbah Masjid menulis mesjid Motivasi Muamalah Nikah PELAJAR Perpustakaan Puasa quote quran qurban Ramadhan safari santri sejarah Shalat Syar'i Tafsir Tarawih Tasawwuf Tauhid Thaharah tokoh Ulama Video Warisan zakat
false
ltr
item
Catatan Fiqih: Cinta Itu Banyak Bentuknya
Cinta Itu Banyak Bentuknya
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2014/08/cinta-itu-banyak-bentuknya.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2014/08/cinta-itu-banyak-bentuknya.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago