Archive Pages Design$type=blogging

Ikatlah Ilmu dengan Tulisan

Oleh: Saiful Hadi Dakwah islam dimulai dengan anjuran untuk membaca dan menulis, serta menjelaskan bahwa kedua hal tersebut merupakan tan...

Oleh: Saiful Hadi

Dakwah islam dimulai dengan anjuran untuk membaca dan menulis, serta menjelaskan bahwa kedua hal tersebut merupakan tanda-tanda kebesaran Allah Ta'ala pada makhluq-Nya dan rahmad-Nya atas mereka. Dalam surat al-Alaq telah disebutkan, Allah ta'ala menyandingkan frase membaca dengan menulis, dan Allah jua lah yang mengajarkan manusia menulis dengan pena. Hal ini merupakan nikmat terbesar dan menjadi perantara di antara sesama manusia untuk saling memahami sebagaimana halnya berkomunikasi dengan lisan.

Seandainya tidak ada tulisan, pastilah ilmu-ilmu akan punah, agama tidak berbekas, kehidupan tidak akan baik, dan aturan tidak akan berjalan stabil. Kehadiran tulisan merupakan sarana pengikat ilmu pengetahuan dan sebagai instrumen untuk mendokumentasikan cerita dan perkataan orang-orang terdahulu.

Tulisan juga merupakan sarana peralihan ilmu antara suatu kaum dan bangsa. Dengan demikian, ilmu menjadi lestari dan dapat berkembang sesuai dengan yang dikehendaki oleh Allah Ta'ala tentunya. Dan website ini pun berkembang karena adanya tulisan.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh at-Thabrani, dan Hakim dari Abdullah bin Amr, Rasulullah bersabda:
قيدوا العلم بالكتاب
"Ikatlah ilmu dengan tulisan"


Telah kita ketahui bersama, bahwa al-Quran adalah mukjizat terbesar yang Allah Ta'ala berikan kepada Nabi Muhammad saw. Al-Quran merupakan bacaan dan kitab yang ditulis serta dihapal jutaan manusia. Dan berangkat dari wahyu yang agung ini, Nabi saw., telah memindahkan umat dari kondisi buta huruf dan gelapnya pengetahuan menuju terangnya cahaya dan ilmu.

Ada begitu banyak ayat yang menginspirasi manusia untuk berinovasi, kita sebut saja seperti dalam surat al-Mulk ayat 19, disana Allah bertanya pada manusia "apakah mereka tidak memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pemurah.", mungkin inilah ayat yang menginspirasi Abbas Qasim bin Firnas (w.887 M/274 H) untuk menciptakan mesin terbang supaya bisa melayang di udara laksana burung-burung.

Mari menulis untuk mengikat ilmu, dan mari mencatat demi melawan lupa. ^_^

COMMENTS

Name

akhlaq Aqidah biografi Dayah Download Dunia Muslim Fiqih Haji hijab Ibadah Islam jamaah Jinayah Jumat khutbah Masjid menulis mesjid Motivasi Muamalah Nikah PELAJAR Perpustakaan Puasa quote quran qurban Ramadhan safari santri sejarah Shalat Syar'i Tafsir Tarawih Tasawwuf Tauhid Thaharah tokoh Ulama Video Warisan zakat
false
ltr
item
Catatan Fiqih: Ikatlah Ilmu dengan Tulisan
Ikatlah Ilmu dengan Tulisan
http://lh3.googleusercontent.com/-40bfFmU3SnY/Vb0StngbTZI/AAAAAAAAEHo/98CC5hhA-Z0/s640/2011072810112004.jpg
http://lh3.googleusercontent.com/-40bfFmU3SnY/Vb0StngbTZI/AAAAAAAAEHo/98CC5hhA-Z0/s72-c/2011072810112004.jpg
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2015/08/ikatlah-ilmu-dengan-tulisan.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2015/08/ikatlah-ilmu-dengan-tulisan.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago