Apakah Maturidiyah dan Asyariyah Termasuk Ahlusunnah wal Jamaah?

Oleh: Fauzan Inzaghi

Wahai Sejarah!! katakan kepadaku!! apakah maturidiyah dan asyariyah termasuk ahlusunnah wal jamaah? Mazhab ahlusunnah wal jamaah disebut sebagai mazhab mayoritas, begitu banyak klaim dari beberapa kelompok islam, sebenarnya mudah sekali menjawab, bawalah itu ke standar 2 abad lalu.

2 abad lalu Pesantren di tanah jawi dan malawi (indonesia, malaysia, thailand) kitab aqidah yang diajarkan apa? Dan dari mazhab apa? Mufti besar yang disepakati bersama seperti syeikh abdurrauf as-sinkili apa aqidahnya?.

2 abad lalu madrasah besar di kerajaan moghul apa? Madrasah dengan kurikulum madrasah nizamiyah. Mujadid Sahrandi atau syah waliyullah yang menjadi rujukan hampir semua madrasah di anak benua india, mengajarkan aqidah apa? Untuk mengetahui, harus tau buku apa yang diajari disana ketika itu?.

Di afrika barat emperator sudan raya berpusat di mali, mempunyai madrasah dan perpustakaan besar, 2 abad lalu kuttab disana mengajarkan aqidah apa? Bisa terjawab dari buku aqidah yang diajarkam dalam kurikulumnya.

Di syam, madrasah yang menjadi rujukan adalah darul hadis al-asyrafiyah, 2 abad lalu aqidahnya apa? Bisa dilihat dari buku aqidah yang diajarkan didalamnya.

Di mesir, madrasah terbesar adalah al azhar, masa itu hampir semua madrasah dan ruwaq dimesir berkiblat kesitu, 2 abad lalu aqidahnya apa? Bisa dilihat buku aqidah yang diajarkan
Di magrib araby(tunis, jazair, maroko, mauritania) madrasah terbesar fez, syinqit, dan zaitunia, hampir semua madrasah, mahzarah, dan kuttab berkiblat kesitu, aqidahnya pake mazhab apa? Buku yang diajarkan apa?.

Turki usmany? 2 abad lalu, Mazhab resmi kekhalifahan apa? Mufti agung dan syaikhul islam siapa? aqidah mereka apa? Buku yang mereka ajarkan dihampir semua kutab apa? Bisa dilihat sejarahnya.

Tanah Hijaz? Mufti di hijaz 2 abad lalu siapa? Aqidah mereka apa? Buku yang diajarkan apa? Bisa dibaca sejarahnya.

Dinegara belakang sungai, bukhara, tashkent dan sekitarnya, 2 abad lalu madrasah imam bukhari yang menjadi standar kurikilum mayoritas daerah itu aqidah apa? Kitab apa yang di ajarkan? Bisa dibaca sejarahnya.

Saya rasa semuanya sudah tau jawabannya, benar!!! Jawabannya kalau semua madrasah tadi adalah asyairah, fudhala hanabilah dan maturidiyah, dan sejarah ini tercatat secara mutawatir. Bahkan pimpinan madrasah yang disebutkan tadi adalah pensyarah buku-buku mu'tamad dalam mazhab asyairah dan maturidiyah.

Buku yang diajarkan? Sama, maturidiyah, asyairah, dan fudhala hanabilah. Mulai dari iqtisad fil itiqad ghazaly, arbain ar-razy, matan sanusiyah dari hafid sampai jad, matan jauharah tauhid, matan kharidah, almaqasid, al mawaqif, aqidah nasafiyah, dll buku inilah yang mewarnai madrasah besar yang menjadi mayoritas diseluruh dunia tadi.

Bandingkan dengan madrasah non asyairah-maturidiyah 2 abad lalu? Sangat sedikit yang menjadi kurikulum zaman itu. Maka pada zaman itu jika ada yang menyebut ahlussunnah wal jamaah kita bisa tau siapakah yang dimaksud.

Sejarah ini memberikan kita dua pilihan, pertama mengatakan bahwa asyairah dan maturidiyah ahlusunnah, karena mereka mayoritas. Atau yang kedua, menganggap asyariyah dan maturidiyah bukan ahlussunnah wal jamaah, maka yang terjadi adalah mayoritas muslimin bukan ahlussunnah wal jamaah, jadi dakwa mayoritas ahlussunnah wal jamaah yang selama ini didengungkan adalah batil.

Kenapa kita pilih 2 abad lalu? karena dari abad 7 sampai dengan 2 abad lalu ahlusunnah wal jamaah jelas ketahuan siapa, sementara kelompok dan organisasi yang mengatakan bahwa mereka adalah ahlusunnah wal jamaah belum banyak muncul, bahkan belum muncul samakali. Jadi tidak mungkin kita mengatakan bahwa dari abad 7 hijriyah sampai 2 abad lalu, mayoritas muslim sesat, karena mayoritas mereka asyariyah-maturidiyah.

Sebenernya yang seperti ini tidak perlu ditulis, bahkan untuk 20 tahun lalu, karena syeikh google belum menyerang, tapi saat ini sepertinya sudah menjadi kebutuhan untuk dijelaskan, lebih tepatnya penegasan, soalnya santri lebih senang bertanya pesantren internet, dan syeikh google kebanyakan memang menguasai dengan dana berlimpah dari minyak mentah, maka dari itu jika bertanya pada syeikh google yang pertama muncul adalah penjelasan kalau asyari-maturidi bukan ahlusunnah wal jamaah, itu sama saja mengeluarkan mayoritas umat islam abad 7-12 dari ahlusunnah wal jamaah, kalau sudah begitu ahlusunnah wal jamaah bukan lagi mayoritas sebagaimana didengungkan selama ini, maka dari itu sudah saatnya hal seperti ini dijelaskan, karena sejarah mengatakan jika ada mazhab yang disebut ahlussunnah wal jamaah dalam kitab turast setelah abad ke 3 maka yang dimaksud adalah asyariyah dan maturidiyah dan fudhala hanabilah.

Lalu bagaimana dengan organisasi dan kelompok yang muncul belakangan dimana mereka menisbahkah diri kepada ahlussunnah wal jamaah, seperti NU, HT, IM, Muhammadiyah, Jamaah tabligh, Salafy, dll ? Bisakah disebut ahlussunnah wal jamaah? Atau bagaimana pula dengan sebagian orang yang mengaku ahlusunnah wal jamaah, tapi tidak menisbatkan diri pada asyairah, maturidiyah atau fudhala hanabilah? Lalu bagaimana orang-orang sebelum imam ahmad, imam abu hasan asyary, dan abu mansur maturidi? Lalu bagaimana jika ada orang yang menisbatkan diri pada asyariyah, maturidiyah, dan fudhala hanabilah, apakah semuanya bisa auto-ahlusunnah? Ini semua akan dijelaskan lain kali saudaraku, apakah termonitor?

COMMENTS

Name

akhlaq,6,Aqidah,25,Berita,2,biografi,19,Buku,11,dakwah,46,Dayah,11,Doa,12,Download,11,Dunia Muslim,18,ebook,11,Fiqih,114,gerhana,15,Ibadah,44,Infografik,7,Islam,61,jamaah,1,Jinayah,1,Jumat,41,khutbah,41,Kisah,20,LGBT,1,Masjid,15,Mazhab,1,Motivasi,209,Muamalah,12,Nikah,55,PELAJAR,5,Perpustakaan,34,Puasa,12,quote,3,quran,2,qurban,1,Ramadhan,12,santri,13,sejarah,24,Shalat,18,Syar'i,1,Tafsir,8,Tarawih,26,Thaharah,5,tokoh,11,Ulama,2,Video,56,Warisan,11,
ltr
item
Catatan Fiqih: Apakah Maturidiyah dan Asyariyah Termasuk Ahlusunnah wal Jamaah?
Apakah Maturidiyah dan Asyariyah Termasuk Ahlusunnah wal Jamaah?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjS753PMcK1Q0WQ1xZh591UEjVKi70Sp0Nqn6fk80EHN9ka0pV9CU8xEYTjRrhxgZJz-CmnJ-zDZBp1P-jHZE8YY6VhZhxqw3XM_eO1Jo3hVjOA1vQM1VuJoUTnBHD52dDUzZEXyta8Lxw/s640/Catatanfiqihdotcom_20160903110536587.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjS753PMcK1Q0WQ1xZh591UEjVKi70Sp0Nqn6fk80EHN9ka0pV9CU8xEYTjRrhxgZJz-CmnJ-zDZBp1P-jHZE8YY6VhZhxqw3XM_eO1Jo3hVjOA1vQM1VuJoUTnBHD52dDUzZEXyta8Lxw/s72-c/Catatanfiqihdotcom_20160903110536587.jpg
Catatan Fiqih
https://www.catatanfiqih.com/2016/09/apakah-maturidiyah-dan-asyariyah.html
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/2016/09/apakah-maturidiyah-dan-asyariyah.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content