Khutbah Jumat: Yakinlah, Ada Dua Kemudahan dibalik Sebuah Kepayahan

Setiap insan yang beriman, harus yakin bahwa janji Allah Ta'ala itu pasti dan benar adanya. Allah Ta'ala berjanji untuk memudahkan...

Setiap insan yang beriman, harus yakin bahwa janji Allah Ta'ala itu pasti dan benar adanya. Allah Ta'ala berjanji untuk memudahkan segala sesuatu yang sulit, memberikan solusi setiap masalah, menghilangkan berbagai ujian dan bencana serta memberi kabar gembira bahwa kemenangan sudah dekat, hal ini sebagaimana yang Allah Ta'ala jelaskan dalam surat Al-Insyirah ayat 5-6:

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

"Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan" (Qs. Al-Insyirah: 5 - 6)

Penafsiran Ayat
Pengulangan dua kalimat yang sama dalam surat tersebut agar maknanya semakin merasuk ke dalam hati.  Bentuk kata العسر yang dima'rifahkan dengan "alif" dan "lam" memberi pengertian sebagai bentuk kata mufrad (tunggal). sedangkan kata يسرا dalam bentuk nakirah (tanpa alif dan lam pada awal kata) memberi pengertian sebagai kata yang muta'addid (berbilang).

Para ulama menjelaskan bahwa kebiasaan orang-orang Arab jika mereka menyebutkan kata dalam bentuk isim ma'rifah kemudian mengulanginya lagi, maka kata tersebut memberi pemahaman yang sama. Sementara jika menyebutkan kata dalam bentuk isim nakirah kemudian mengulanginya, maka kedua kata tersebut mempunyai dua maksud yang berbeda.

Dalam ayat tersebut kata العسر yang pertama, juga merupakan kata العسر yang kedua, biarpun dua kali disebutkan namun kedua kata tersebut mempunyai pengertian yang sama yakni satu kesukaran yang sama. Sementara kata يسرا yang pertama bukan merupakan kata يسرا yang kedua, sehingga pengulangannya sebanyak dua kali memberi pengertian bahwa ada dua kemudahan untuk satu kesukaran yang sama yang terdapat dalam ayat ke lima dan ke enam.

Dengan kata lain, kedua ayat tersebut memberi pemahaman bahwa Allah Ta'ala hendak menjadikan kemudahan dan rahmat bagi para hamba sebanyak dua kemudahan dalam setiap satu kesulitan. Dengan bahasa yang lebih ringkas, dalam ayat tersebut Allah Ta'ala hendak menyebutkan bahwa dibalik suatu kesulitan terdapat dua kemudahan setelahnya.

Setiap menghadapi suatu kesulitan maka yakinlah bahwa Allah Ta'ala akan membukakan bagi kita dua pintu kemudahan terhadap kesulitan tersebut. Hal ini diperkuat dengan apa yang diriwayatkan secara marfu' oleh Hakim dari Ibnu Mas'ud, "Seandainya kesulitan ada di dalam sebuah batu, pastilah akan diikuti oleh sebuah kemudahan hingga ia masuk ke dalam batu tersebut dan mengeluarkan kesulitan tersebut dari dalamnya. Sebuah kesulitan tidak akan pernah mengalahkan dua kemudahan".
Ada juga yang berpendapat, yang dimaksud dengan dua kemudahan dari ayat tersebut adalah jenisnya, yakni kemudahan tersebut merupakan janji secara umum bagi seluruh orang-orang beriman pada setiap masa. Kemudahan tersebut mencakup kemudahan di dunia dan akhirat, serta kemudahan dalam waktu dekat maupun di masa yang akan datang.

Sementara pesan pada ayat terakhir dalam surat Al-Insyirah adalah anjuran untuk senantiasa melakukan amal shaleh secara kontinu. Serta tidak menyia-nyiakan waktu dalam kemalasan. Hendaknya ia mencurahkan segala kekuatannya untuk memperoleh apa yang bermanfaat baginya di dunia dan akhirat. Dan setelah selesai mengerjakan segala sesuatu, hanya kepada Allah lah bertawaqal dan berharap.

Rujukan: Tafsir Al-Munir Juz 15, Surat Al-Insyirah

Khutbah - Mesjid Al-Mukarramah Gampong Mulia Banda Aceh | 11 Jan 2019

COMMENTS

Name

akhlaq,14,Aqidah,33,biografi,34,dakwah,4,Dayah,4,Download,8,Dunia Muslim,49,ebook,1,Fiqih,105,gerhana,2,Haji,4,hijab,2,Ibadah,129,ilmu,5,Infografik,22,Islam,169,jamaah,2,Jinayah,1,Jumat,6,khutbah,11,Kisah,6,kitab,1,LGBT,2,Masjid,3,Mazhab,1,menulis,3,mesjid,2,Motivasi,262,Muamalah,29,Nikah,72,PELAJAR,10,Perpustakaan,53,Puasa,22,quote,14,quran,10,qurban,3,Ramadhan,6,safari,1,santri,12,sejarah,11,Shalat,36,syaban,1,Syar'i,5,Tafsir,20,Tarawih,7,Tasawwuf,14,Taubat,1,Tauhid,2,Thaharah,13,tokoh,3,Ulama,14,Video,15,Warisan,9,Wuquf,1,zakat,1,
ltr
item
Catatan Fiqih: Khutbah Jumat: Yakinlah, Ada Dua Kemudahan dibalik Sebuah Kepayahan
Khutbah Jumat: Yakinlah, Ada Dua Kemudahan dibalik Sebuah Kepayahan
https://lh3.googleusercontent.com/-dxXFqjAcIMg/WbFMiLnjRHI/AAAAAAAAHHE/OqOpjw2NJxMbs6zqZoQ968Hm4iCm6TXzQCHMYCw/s640/IMG_20170129_092013_20170907203817505.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-dxXFqjAcIMg/WbFMiLnjRHI/AAAAAAAAHHE/OqOpjw2NJxMbs6zqZoQ968Hm4iCm6TXzQCHMYCw/s72-c/IMG_20170129_092013_20170907203817505.jpg
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2017/09/khutbah-jumat-yakinlah-ada-dua.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2017/09/khutbah-jumat-yakinlah-ada-dua.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy