Ibnu Hajar al-Asqalani, Potret Suami yang Melejitkan Prestasi Istri



Oleh: Saiful hadi

Ulama-ulama tempoe dulu biarpun tidak bergelar Doktor atau Professor, ditengah keterbatasan sarana dan prasarana yang ada, mereka kaya akan karya yang sampai hari ini masih dapat kita baca, berkahnya ilmu mereka merupakan buah dari keiklasan dalam menghidupkan agama. Keseharian mereka tidak lepas dari aktivitas belajar mengajar maupun menyusun karya.

Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani salah satu contohnya, karya tulis beliau mencapai seratus lima puluh buah dalam berbagai cabang ilmu. Diantara karyanya yang sangat fenomenal adalah Fathul Bari fi syarhi Sahihil Bukhari, kitab ini benar-benar luar biasa, baik isi maupun ketebalan jilidnya. Penulisan kitab tersebut berlangsung selama 25 tahun, dimulai dari awal tahun 817 H dan selesai pada tahun 842 H. Setelah usai dari penulisannya, beliau membuat acara walimah atau syukuran yang dihadiri oleh kaum muslim terkemuka dengan memakan biaya 500 Dinar pada masa itu.

Selain sukses di bidang akademis beliau juga seorang Nahkoda handal yang membawa bahtera rumah tangganya menuju ke pulau penuh bahagia. Beliau beristrikan seorang cendikia shalihah yang juga pakar dalam bidang Hadist, Uns (Anas) binti Abdul Karim namanya . Wanita yang lahir tahun 780 H ini memang bukanlah orang yang terkenal, namun ia hidup mendampingi orang terkenal.

Pernikahan Ibnu Hajar bersama istrinya dilangsungkan pada bulan sya'ban tahun 798 H. Saat itu usia Ibnu Hajar 25 tahun, sementra istrinya 18 tahun. Pernikahan ini membawa berkah yang luar biasa, rupanya Uns adalah wanita yang sangat menyukai pengetahuan dan beruntungnya beliau mendapatkan suami yang berilmu dan berwawasan luas. Dengan penuh kesabaran dan ketelitian Ibnu Hajar mengajarkan ilmu hadis kepada sang istri. Sampai pada akhirnya ia menjadi wanita ahli hadis, dan namanya pun mulai melambung dan dikenal masyarakat luas. Meski demikian, beliau tetap tidak lupa terhadap status dirinya sebagai seorang istri, dimana ia melayani suaminya sekaligus menjadi ibu rumah tangga yang membuat suasana selalu penuh dengan cinta. Ibnu hajar menjadikan rumah tangga sebagai sarana untuk menerpa jiwa, selain meningkatkan kualitas diri, juga berhasil melejitkan potensi istrinya.

Berkaca pada rumah tangga Ibnu Hajar, pernikahan itu bisa menjadi sarana untuk meraih bahagia dan melejitkan potensi diri. Pernikahan bukanlah penjara yang mengukung dan menghambat perkembangan karier. Demikian juga, meencintai bukan berarti mengekang dan mematikan potensi, melainkan untuk semakin mengispirasi. Budak menjadi raja, yang lemah menjadi kuat itu semua dari cinta.

Sehingga pesan moralnya adalah, menikahlah. Ibarat dua kaki, baru bisa melangkah karena ada kanan dan kiri, meniti jalan menggapai sakinah mawaddah dan rahmah.

>_<

Sumber biografi Imam Ibnu Hajar: Syarah Bulugul Maram, Prof Dr. Abd Rasyid Salim


  • [accordion]
    • Donasi Kamu Untuk Catatan Fiqih
      • Catatan Fiqih berjalan atas kerja keras seluruh jejaring penulis dan editor. Jika kamu ingin agar kami bisa terus melahirkan catatan atau video yang mengedukasi publik dengan nilai-nilai Islam yang Rahmatan lil Alamin, silakan sisihkan sedikit donasi untuk kelangsungan website ini. Tranfer Donasi mu di sini:

        Paypal: hadissoft@gmail.com | atau 
        BRI 3906-01-010624-53-8 an. Saiful Hadi

COMMENTS

Name

akhlaq,6,Aqidah,25,Berita,2,biografi,19,Buku,11,dakwah,46,Dayah,11,Doa,12,Download,11,Dunia Muslim,18,ebook,11,Fiqih,114,gerhana,15,Ibadah,44,Infografik,7,Islam,61,jamaah,1,Jinayah,1,Jumat,41,khutbah,41,Kisah,20,LGBT,1,Masjid,15,Mazhab,1,Motivasi,209,Muamalah,12,Nikah,55,PELAJAR,5,Perpustakaan,34,Puasa,12,quote,3,quran,2,qurban,1,Ramadhan,12,santri,13,sejarah,24,Shalat,18,Syar'i,1,Tafsir,8,Tarawih,26,Thaharah,5,tokoh,11,Ulama,2,Video,56,Warisan,11,
ltr
item
Catatan Fiqih: Ibnu Hajar al-Asqalani, Potret Suami yang Melejitkan Prestasi Istri
Ibnu Hajar al-Asqalani, Potret Suami yang Melejitkan Prestasi Istri
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg5_jNk7NjMdyBc21sJgXP7jnX6baoY6f5j5ScIKM8mCpJ6Upyc6YUKVLcv4vL1SQGWpuE8dr41PDnaLOu2hO4-rfXCyoGlT2VFUCv3l32Rhmws1QpKE1eAJQZOPITF0Ner2Mqo_JHtyZs/s640/Ibnu+Hajar.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg5_jNk7NjMdyBc21sJgXP7jnX6baoY6f5j5ScIKM8mCpJ6Upyc6YUKVLcv4vL1SQGWpuE8dr41PDnaLOu2hO4-rfXCyoGlT2VFUCv3l32Rhmws1QpKE1eAJQZOPITF0Ner2Mqo_JHtyZs/s72-c/Ibnu+Hajar.jpg
Catatan Fiqih
https://www.catatanfiqih.com/2019/10/ibnu-hajar-al-asqalani-potret-suami.html
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/2019/10/ibnu-hajar-al-asqalani-potret-suami.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content