Archive Pages Design$type=blogging

Persiapan Menghadapi Ramadhan

Puasa menurut bahasa adalah menahan diri dari sesuatu baik dari makanan atau berbicara. Menurut bahasa arab orang menahan diri untuk tid...

Puasa menurut bahasa adalah menahan diri dari sesuatu baik dari makanan atau berbicara. Menurut bahasa arab orang menahan diri untuk tidak berbicara juga disebut berpuasa. Adapun puasa menurut syariat adalah menahan diri dari hal-hal yang membatal-kannya mulai dari terbitnya fajar shadiq (masuknya waktu subuh) hingga terbenamnya matahari (masuknya waktu maghrib). 

Ibadah puasa Ramadhan yang diwajibkan Allah kepada setiap mukmin adalah ibadah yang ditujukan untuk menghamba kepada Allah seperti yang tertera dalam QS. Al- Baqarah-2: 183. Hikmah dari ibadah puasa itu sendiri adalah melatih manusia untuk sabar dalam menjalani hidup dan menjadi insan yang bertaqwa. Puasa Ramadhan mulai disyariatkan pada tanggal 10 Sya`ban tahun kedua Hijriah atau satu setengah tahun setelah umat islam berhijrah dari Mekah ke Madinah, atau setelah umat islam diperintahkan untuk memindahkan kiblatnya dari masjid Al- Aqsa ke Masjidil Haram.

Imam Abu Hamid al-Ghazali dalam kitabnya Ihya al-'Ulumuddin telah membagi puasa ke dalam 3 tingkatan:
  1. Puasanya orang awam (shaum al-'umum): menahan diri dari perkara-perkara yang membatalkan puasa seperti makan dan minum.
  2. Puasanya orang khusus (shaum al-khusus): Selain menahan diri dari perkara yang membatalkan puasa juga turut berpuasa dari panca indera dan seluruh badan dari segala bentuk dosa.
  3. Puasanya orang istimewa, super khusus (shaum khusus al-khusus): Selain menahan diri dari perkara yang membatalkan puasa dan juga berpuasa dari panca indera dan seluruh badan dari segala bentuk dosa juga turut berpuasa 'hati nurani', yaitu tidak memikirkan soal keduniaan.
Semoga ibadah puasa kita pada tahun ini lebih baik daripada tahun sebelumnya, sebagaimana yang sudah disampaikan oleh Baginda Rasulullah saw: 
Barangsiapa yang keadaan amalannya hari ini lebih jelek dari hari kemarin, maka ia terlaknat.Barangsiapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia termasuk orang yang merugi, dan Barangsiapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia termasuk orang yang beruntung.
Download Ebook : Fiqih Praktis Puasa

Name

akhlaq Aqidah biografi Dayah Download Dunia Muslim Fiqih Haji hijab Ibadah Islam jamaah Jinayah Jumat khutbah Masjid menulis mesjid Motivasi Muamalah Nikah PELAJAR Perpustakaan Puasa quote quran qurban Ramadhan safari santri sejarah Shalat Syar'i Tafsir Tarawih Tasawwuf Tauhid Thaharah tokoh Ulama Video Warisan zakat
false
ltr
item
Catatan Fiqih: Persiapan Menghadapi Ramadhan
Persiapan Menghadapi Ramadhan
http://4.bp.blogspot.com/-4GMJesxN2Ic/VLkpIEAQiOI/AAAAAAAACvM/ioSDatfzidU/s1600/ngi.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-4GMJesxN2Ic/VLkpIEAQiOI/AAAAAAAACvM/ioSDatfzidU/s72-c/ngi.jpg
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2014/06/persiapan-menghadapi-ramadhan.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2014/06/persiapan-menghadapi-ramadhan.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago