Archive Pages Design$type=blogging

Jangan Berputus Asa, Teruslah Berdoa

Oleh: Saiful Hadi Sudah lumrah terjadi, kehidupan ini bakal selalu diwarnai dengan berbagai macam hal, entah itu susah atau bahagia, semuan...

Oleh: Saiful Hadi

Sudah lumrah terjadi, kehidupan ini bakal selalu diwarnai dengan berbagai macam hal, entah itu susah atau bahagia, semuanya datang silih berganti sepanjang hayat manusia itu sendiri. Sebagai Agama yang Rahmatan Lil Alamin, syariat memberi perhatian yang luar biasa terhadap berbagai kendala yang dihadapi oleh umatnya dengan adanya keringanan hukum pada keadaan yang dirasa sulit. Sebagai contoh, syarat sahnya shalat adalah dengan berwudhu, namun dalam kondisi keterbatasan air atau sedang sakit yang tidak diperkenankan bersentuhan dengan air, maka syariat memberi keringanan dengan adanya tayamum.

Dalam surat Al-Baqarah 185, Allah Ta'ala berfirman : "Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu."

Secara tekstual, jelaslah bahwa dari ayat tersebut Allah Ta'ala tidak akan menyulitkan hambaNya, malahan ada keringanan-keringanan dalam kondisi tertentu. Untuk itu jangan mudah berputus asa tatkala sedang dilanda berbagai kesempitan, karena dibalik kesempitan bakal ada kemudahan. Dan teruslah berdoa memohon bantuan Nya, Allah Ta'ala menjamin terkabulnya doa melalui janji-Nya, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan aku perkenankan bagimu" (QS.Al-Mu'min 40:60)

Janji tersebut jelas bersifat mutlak. Hanya saja dalam ayat itu, Allah ta'ala tidak menyatakan menurut tuntutanmu, menurut waktu yang engkau kehendaki atau menurut kehendakmu, tapi semua menurut kehendak Allah sendiri.

Dalam sebuah hadist Nabi saw. Bersabda:
"Tak seorang pun berdoa, melainkan ia berada diantara salah satu dari tiga kondisi, kadang doanya dipercepat sesuai dengan permintaannya, atau ditunda pengabulannya demi pahalanya, atau dihindarkan dari keburukan yang menimpanya" (HR. Ahmad)


Dalam surat Yunus, Allah Ta'ala berfirman:
"Sesungguhnya telah diperkenankan permohonan kamu berdua..." (QS. Yunus 10:89)


Para ulama Tafsir menjelaskan bahwa ayat tersebut menerangkan tentang pengabulan doa Nabi Musa As dan Harun As untuk kehancuran Firaun. Tetapi untuk menunggu dikabulkan doa tersebut memakan kurun waktu selama empat puluh tahun.

Begitu pula yang terjadi pada Baginda Nabi Muhammad saw saat mendoakan agar Umar bin Khatab diberi hidayah dan sekaligus menjadi teman setianya. Dua tahun lamanya Rasulullah menanti dengan terus berdoa sehingga Allah Ta'ala kabulkan permohonan beliau.

Karenanya, selalulah berprasangka yang baik dengan Allah Ta'ala. Terkadang doa yang kita pinta belum layak untuk dikabulkan, contoh seperti ketika ada seorang balita yang memohon sambil menangis histeris agar diberi pisau, sang ibu tentunya paham bahwa pisau tersebut belum layak diberikan untuknya karena bisa melukai dirinya sendiri.
Name

akhlaq Aqidah biografi Dayah Download Dunia Muslim Fiqih Haji hijab Ibadah Islam jamaah Jinayah Jumat khutbah Masjid menulis mesjid Motivasi Muamalah Nikah PELAJAR Perpustakaan Puasa quote quran qurban Ramadhan safari santri sejarah Shalat Syar'i Tafsir Tarawih Tasawwuf Tauhid Thaharah tokoh Ulama Video Warisan zakat
false
ltr
item
Catatan Fiqih: Jangan Berputus Asa, Teruslah Berdoa
Jangan Berputus Asa, Teruslah Berdoa
http://lh3.googleusercontent.com/-yo7ItfCMgWg/VjRHiWp4M_I/AAAAAAAAEjA/unwz8OT9Rek/s640/silent-prayer-a26925344.jpg
http://lh3.googleusercontent.com/-yo7ItfCMgWg/VjRHiWp4M_I/AAAAAAAAEjA/unwz8OT9Rek/s72-c/silent-prayer-a26925344.jpg
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2014/11/jangan-berputus-asa-teruslah-berdoa.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2014/11/jangan-berputus-asa-teruslah-berdoa.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago