Archive Pages Design$type=blogging

Memperdayai Iblis

Sudah kita maklumi bersama, Iblis adalah sosok makhluk yang kerjaannya terus saja menipu daya umat manusia agar lupa terhadap Tuhannya d...

Sudah kita maklumi bersama, Iblis adalah sosok makhluk yang kerjaannya terus saja menipu daya umat manusia agar lupa terhadap Tuhannya dan mengikuti jejak langkahnya sehingga ia punya banyak teman di neraka kelak.

Ada sebuah kisah menarik perihal Iblis, sebagaimana yang tersebut dalam kitab Tanbihul Ghafilin. Biarpun ia sering memperdayai manusia, namun dalam kisah tersebut justru Iblis yang terpedaya. Singkat cerita, suatu ketika ada sesorang yang berjumpa dengan iblis, lalu terjadilah dialog antara mereka berdua. Orang ini berkata kepada iblis:

Orang : wahai iblis, apa yg harus saya kerjakan agar bisa menjadi seperti kamu?

Iblis : celaka kamu wahai manusia, belum ada seorang pun yang meminta agar menjadi seperti diriku. kenapa kamu memintanya?

Orang : Saya benar-benar menginginkannya.

Iblis : jika kamu benar-benar ingin seperti aku, maka lalaikanlah shalat dan bersumpahlah semaumu baik itu benar maupun bohongan.

orang : Baiklah kalau demikian, saya telah berjanji kepada Allah untuk tidak meninggalkan shalat dan tidak mengucapkan sumpah untuk selama lamanya.

Iblis : hari ini kamu telah berhasil memperdayai aku, karena saya telah berjanji kepada Allah untuk tidak menasehati mengenai hal yang baik kepada manusia, dan pada hari ini engkau telah menerima nasehat yang baik dari diriku.

Mengapa kita mudah terlena dan diperdaya, bisa jadi karena Shalat sering kita lalaikan. Padahal telah ditegaskan dalam al-Quran bahwa shalat bisa mencegah dari perbuatan yang keji dan munkar, dan lagi kita diperintahkan untuk shalat sebagai salah satu media untuk memohon pertolongan dari Allah Ta'ala, hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam al-Baqarah: 45.

"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'," (Qs. Al-Baqarah: 45)

Name

akhlaq Aqidah biografi Dayah Download Dunia Muslim Fiqih Haji hijab Ibadah Islam jamaah Jinayah Jumat khutbah Masjid menulis mesjid Motivasi Muamalah Nikah PELAJAR Perpustakaan Puasa quote quran qurban Ramadhan safari santri sejarah Shalat Syar'i Tafsir Tarawih Tasawwuf Tauhid Thaharah tokoh Ulama Video Warisan zakat
false
ltr
item
Catatan Fiqih: Memperdayai Iblis
Memperdayai Iblis
http://lh3.googleusercontent.com/-2XSEgIfIOTU/VbJghb3LKyI/AAAAAAAAEC4/2vqBXVDwuHI/s640/Screen-Shot-2014-04-17-at-9.32.05-AM.png
http://lh3.googleusercontent.com/-2XSEgIfIOTU/VbJghb3LKyI/AAAAAAAAEC4/2vqBXVDwuHI/s72-c/Screen-Shot-2014-04-17-at-9.32.05-AM.png
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2015/07/memperdayai-iblis.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2015/07/memperdayai-iblis.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago