Air Mutlaq dan Mutlaq Air

Bisa dikatakan, kebanyakan pembahasan pertama yang ada dalam kitab fiqih adalah masalah thaharah, dan diawal masalah thaharah ini bakal dikupas terlebih dahulu tentang jenis-jenis air. Sudah lazim kita ketahui air yang bisa dipakai untuk berwudhu adalah air mutlaq. Pada kitab Fathul Muin karya Syaikh Zainuddin bin Abdul Aziz Al-malibary yang merupakan murid Syaikhuna Ibnu Hajar al-Haitamiy, beliau jelaskan mengenai pengertian air mutlaq sebagai berikut:

الماء المطلق وهو ما يقع عليه اسم الماء بلا قيد
Air mutlaq adalah apa saja yang jatuh diatasnya oleh nama air dengan ketiadaan kaitan apapun.

Ringkasnya yang dimaksud dengan air mutlaq adalah air yang tidak berkaitan dengan apapun. Kebalikan dari air mutlaq adalah air muqayyad yakni air yang namanya selalu berkaitan dengan benda lain, contohnya seperti air mawar, air teh, air kelapa dan sebagainya. Namun demikian, jika dalam penamaan air tersebut dikaitkan dengan nama tempat seperti "air laut" maka itu tetap disebut dengan air mutlaq.


Secara jenisnya, air mutlaq dibagi menjadi tujuh jenis air. Yaitu air hujan, air embun, air salju, air laut, air sungai, air sumur, dan air dari mata air. Ketujuh jenis air ini bisa dipakai untuk mensucikan hadast dan najis karena selain zatnya suci juga sanggup menyucikan benda yang lain. Berbeda dengan air musta'mal, dimana hanya dia saja yang suci namun tidak sanggup untuk mensucikan zat yang lain, contohnya seperti air mawar, kopi dan air teh.

Sementara mutlaq air ini bermakna semua jenis air, didalamnya termasuk air mutlaq itu sendiri, air musta'mal, air najis dan sebagainya. Bisa disimpulkan bahwa "mutlaq air" adalah otomatis menjadi kalimat isem (nama), sedangkan "air mutlaq" adalah bentuk kalimat sifat-disifati yakni sifat air tersebut yang mutlaq karena tidak berkaitan dengan apapun.

Referensi: Kitab I’anatuth Thalibin Juz 1, Syarat-Syarat Sah Shalat

COMMENTS

Name

akhlaq,6,Aqidah,25,Berita,2,biografi,19,Buku,11,dakwah,46,Dayah,11,Doa,12,Download,11,Dunia Muslim,18,ebook,11,Fiqih,114,gerhana,15,Ibadah,44,Infografik,7,Islam,61,jamaah,1,Jinayah,1,Jumat,41,khutbah,41,Kisah,20,LGBT,1,Masjid,15,Mazhab,1,Motivasi,209,Muamalah,12,Nikah,55,PELAJAR,5,Perpustakaan,34,Puasa,12,quote,3,quran,2,qurban,1,Ramadhan,12,santri,13,sejarah,24,Shalat,18,Syar'i,1,Tafsir,8,Tarawih,26,Thaharah,5,tokoh,11,Ulama,2,Video,56,Warisan,11,
ltr
item
Catatan Fiqih: Air Mutlaq dan Mutlaq Air
Air Mutlaq dan Mutlaq Air
Catatan Fiqih
https://www.catatanfiqih.com/2014/05/air-mutlaq-dan-mutlaq-air.html
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/2014/05/air-mutlaq-dan-mutlaq-air.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content