Archive Pages Design$type=blogging

Rahasia Kesuksesan Dakwah Nabi

Sejarah mencatat, Baginda Nabi Muhammad saw begitu sukses dalam mendakwahkan Islam. Beliau mampu menciptakan sistem kehidupan yang benar-b...

Sejarah mencatat, Baginda Nabi Muhammad saw begitu sukses dalam mendakwahkan Islam. Beliau mampu menciptakan sistem kehidupan yang benar-benar baru dalam kurun waktu 23 tahun. Dan dengan begitu cepat pula ajaran islam tersebar ke penjuru bumi sebagaimana yang terlihat sekarang.

Dalam buku Mutiara Dakwah K.H Hasyim Asyary hal. 46, disana disebutkan bahwa, kesuksesan Nabi dalam berdakwah dikarenakan ada dua faktor. Pertama, adanya konsistensi dengan kode etik dakwah, dan kedua, adanya keteladanan dalam masyarakat. Kode etik dakwah Nabi, antara lain:

Pertama, tidak memisahkan antara ucapan dan perbuatan. Dalam menjalankan misi dakwah Nabi tidak memerintahkan sesuatu yang ia sendiri tidak melakukan. Bahkan ada yang beliau jalankan namun tidak diperintahkan bagi yang lain. Contoh yang paling sering kita dengar seperti hadist yang menyatakan “Shalatlah sebagaimana aku shalat”.


Kedua, tidak mencerca sesembahan lawan. Pada mulanya, saat nabi masih berdakwah di Mekah, beliau pernah mencerca sesembahan atau berhala-berhala kaum musyrik, akhirnya orang-orang musyrik juga ikut mencerca sesembahan Nabi Saw. Sehingga yang terjadi adalah sikap saling mencerca, dalam keadaan demikian turunlah ayat yang menyatakan larangan untuk mencerca sesembahan agama lain.

dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan Setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan. (Al-An’am : 108)

Ketiga, tidak memungut imbalan. Nabi dalam berdakwah tidak pernah meminta ongkos, bahkan yang ada justru Nabi sendiri yang banyak bersedekah untuk sahabat-sahabatnya. Misalkan ketika ada salah seorang sahabat beliau yang ingin menikah namun tidak mampu membayar Mahar justru oleh nabi yang membantu sahabat tersebut dalam membayar mahar.

Keempat, tidak melakukan diskriminasi sosial. Baginda Nabi tidak membedakan kelas dalam masyarakat.

Demikianlah beberapa rahasia dakwah Nabi yang sudah sepatutnya kita tiru dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. sehingga tidak memberi kesan bahwa Islam adalah agama pedang, karena baginda Nabi sendiri pun berdakwah dengan penuh kelembutan.

Disadur dari Mutiara Dakwah K.H Hasyim Asyary Dr. Samsul Ma'arif




Name

akhlaq Aqidah biografi Dayah Download Dunia Muslim Fiqih Haji hijab Ibadah Islam jamaah Jinayah Jumat khutbah Masjid menulis mesjid Motivasi Muamalah Nikah PELAJAR Perpustakaan Puasa quote quran qurban Ramadhan safari santri sejarah Shalat Syar'i Tafsir Tarawih Tasawwuf Tauhid Thaharah tokoh Ulama Video Warisan zakat
false
ltr
item
Catatan Fiqih: Rahasia Kesuksesan Dakwah Nabi
Rahasia Kesuksesan Dakwah Nabi
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2014/08/rahasia-kesuksesan-dakwah-nabi.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2014/08/rahasia-kesuksesan-dakwah-nabi.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago