Archive Pages Design$type=blogging

Guru Imam Bukhari dan Shalat Isya

Shalat adalah ibadah yang paling utama dan menjadi tiang agama. Berbeda dengan yang lain, perintah shalat lima waktu disampaikan tanpa per...

Shalat adalah ibadah yang paling utama dan menjadi tiang agama. Berbeda dengan yang lain, perintah shalat lima waktu disampaikan tanpa perantaraan Jibril melainkan diambil secara langsung oleh Rasulullah saw dalam peristiwa Isra Mi'raj.

Secara bahasa, shalat itu bermakna doa, sementra makna menurut syariah, shalat didefinisikan sebagai : “serangkaian ucapan dan gerakan yang tertentu yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Meninggalkan shalat secara sengaja dan mengingkari tentang kewajibannya maka bisa terjerumus kepada kekafiran, sementara meninggalkan shalat karena faktor malas namun tidak mengingkari kewajibannya tidak bisa divonis kafir. Akan tetapi, shalat yang ditinggalkan harus diqadha (diganti) kembali. Sementara wanita yang sedang berhalangan shalat tidak ada kewajiban untuk digantikan.

Ibadah shalat juga ditekankan sekali untuk dikerjakan secara berjamaah. Namun demikian para ulama berselisih pendapat tentang hukum shalat berjamaah tersebut, ada yang berpendapat fardhu kifayah, dan ada juga yang mengatakan sebagai sunat muakkat. Yang jelas, shalat berjamaah keutamaannya lebih besar dibandingkan shalat sendirian. Rasulullah menyatakan "Shalat Jamaah lebih utama dua puluh tujuh kali dibanding shalat sendiri" (H.R. Bukhari dan Muslim).

Berbicara mengenai keutamaan shalat berjamaah, ada sebuah kisah menarik yang dialami oleh Imam 'Ubaidillah bin Umar al Qawariry, beliau merupakan salah seorang di antara guru Imam Bukhari dan Muslim. 

Beliau menceritakan tentang pengalamannya:
Aku hampir tidak pernah ketinggalan shalat berjama'ah. Suatu hari aku kedatangan tamu yang membuatku terlambat melakukan shalat Isya berjama'ah.
Setelah itu aku pergi keluar mencari orang untuk teman shalat
berjama'ah di antara qabilah-qabilah Bashrah. Tapi sayangnya semua orang sudah shalat. Aku berbisik di dalam hati, Rasulullah pernah bersabda: "Shalat berjama'ah lebih utama dari pada shalat sendirian dengan 27 derajat".


Akhirnya aku pulang lagi ke rumah. Sesampai di rumah aku mengerjakan shalat Isya sebanyak 27 kali. Setelah itu aku langsung tidur. Di dalam tidurku, aku bermimpi melihat diriku bersama serombongan orang yang lagi menunggang kuda. Aku juga menunggangi kuda. Kami saling berpacu. Namun kuda-kuda mereka mampu memacu mendahului kudaku. Lalu aku memukul kuda tungganganku supaya ia menyusul mereka. Tiba-tiba orang yang berada di akhir rombongan menoleh kepadaku dan berkata: "Jangan paksa kudamu! Engkau tidak akan bisa menyusul kami".

Aku bertanya: Kenapa?
Dia menjawab: Karena kami shalat Isya berjama'ah.

Bagaimana dengan kita? Mari selalu menjaga shalat lima waktu secara berjamaah, bahkan Nabi Saw pernah mengatakan "andai kalian tahu bagaimana kelebihan shalat berjamaah, niscaya engkau akan melaksanakannya biarpun sambil merangkak".

Rujukan:
Kisah guru Imam Bukhari, bloggerpksmaknyus.blogspot.com/2013/11/kisah-guru-imam-bukhari-yang.html?m=1
Name

akhlaq Aqidah biografi Dayah Download Dunia Muslim Fiqih Haji hijab Ibadah Islam jamaah Jinayah Jumat khutbah Masjid menulis mesjid Motivasi Muamalah Nikah PELAJAR Perpustakaan Puasa quote quran qurban Ramadhan safari santri sejarah Shalat Syar'i Tafsir Tarawih Tasawwuf Tauhid Thaharah tokoh Ulama Video Warisan zakat
false
ltr
item
Catatan Fiqih: Guru Imam Bukhari dan Shalat Isya
Guru Imam Bukhari dan Shalat Isya
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2014/11/guru-imam-bukhari-dan-shalat-isya.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2014/11/guru-imam-bukhari-dan-shalat-isya.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago