Archive Pages Design$type=blogging

Bergembiralah Tuan Shabir

Hidup itu memang banyak rasa, sedih senang, susah bahagia, takut dan berani akan selalu mewarnai roda kehidupan. Apapun status sosialnya, ...

Hidup itu memang banyak rasa, sedih senang, susah bahagia, takut dan berani akan selalu mewarnai roda kehidupan. Apapun status sosialnya, setiap anak adam tidak akan terlepas dari berbagai macam ujian. Sedih akan berganti dengan senang, susah akan sirna dengan datangnya bahagia, dan berani akan muncul menghapus rasa takut.

Mengenai rasa takut, dan perasaan yang tidak mengenakkan lainnya, Allah Ta'ala berfirman:
"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." (QS. Al-Baqarah : 155)

Ada hal menarik di akhir ayat di atas, yakni ada kabar gembira bagi orang-orang yang mau bersabar terhadap segala kepayahan yang menimpanya. Syaikh Wahbah Azzuhaili dalam Tafsir Al-Munir menjelaskan: Sabar itu terdiri dari tiga hal, pertama bersabar dari melakukan maksiat dan bersabar dalam berbuat taat. Bersabar dalam taat lebih besar pahalanya. Siapa saja yang sanggup bersabar dari masiat dan sabar dalam melaksanakan ketaatan, maka Allah anugrahi baginya keridhaan terhadap taqdir Nya. Tanda-tanda ridha adalah lahirnya ketenangan hati, sehingga ia tidak merasa kesusahan saat berhadapan dengan hal-hal yang tidak disukainya, serta tidak lalai saat kebahagiannya sedang bersamanya.

Sementara sabar yang ketiga adalah sabar dalam menghadapi musibah. Bersyukurlah ketika musibah datang menghampiri, karena melalui itulah dosa-dosa menjadi terampuni, dan inilah salah satu kabar gembira bagi yang mau bersabar.

Mengubah Derita Menjadi Bahagia
Derita dan bahagia akan datang silih berganti, namun perlu kita sadari bahagia pasti datang tatkala sedang menderita, ibarat kata hujan pasti akan berhenti dan badai juga pasti berlalu, ini hanya masalah waktu saja. Ada syukur dalam sabar, dan ada sabar dalam syukur. Saat kesusahan menimpa maka sabarlah, Allah ta'ala akan memberi pahala yang besar dan mengampuni dosa-dosa sehingga sangat patut untuk banyak disyukuri. Sementara saat masa-masa senang maka bersyukurlah terhadap segala pemberiannya, dan bersabarlah dari bermaksiat kepada Nya, karena umumnya dikala senang pekerjaan maksiat lebih mudah untuk dikerjakan karena ada dukungan finansial yang memadai.

Puasa menjadi nikmat saat berbuka karena adanya kesabaran menahan diri dari sejak fajar hingga magrib. Bergembiralah wahai Tuan Shabir, janji Tuhan pasti, saat ia ingin memberikan anugrah-Nya maka ia ilhamkan untuk memohon kepada-Nya. Nabi Musa berdoa dengan penuh kesabaran selama 40 tahun mengharap agar Firaun runtuh, dan pada akhirnya sebagaimana kita ketahui Allah kabulkan permohonan Nabi Musa pada saat yang memang sangat tepat, semua sudah ada dalam Ilmu Nya. Berbaik sangkalah kepada Allah, karena Allah akan memberikan sesuai dengan sangkaan kita, begitulah Sabda dari Rasul Nya.
Name

akhlaq Aqidah biografi Dayah Download Dunia Muslim Fiqih Haji hijab Ibadah Islam jamaah Jinayah Jumat khutbah Masjid menulis mesjid Motivasi Muamalah Nikah PELAJAR Perpustakaan Puasa quote quran qurban Ramadhan safari santri sejarah Shalat Syar'i Tafsir Tarawih Tasawwuf Tauhid Thaharah tokoh Ulama Video Warisan zakat
false
ltr
item
Catatan Fiqih: Bergembiralah Tuan Shabir
Bergembiralah Tuan Shabir
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2014/12/bergembiralah-tuan-shabir.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2014/12/bergembiralah-tuan-shabir.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago