5 Macam Hidayah


Kemampuan memberi hidayah hanya dimiliki oleh Allah SWT, tidak diberikan-Nya kepada satu pun makhluk-Nya, bahkan Dia pun telah menafikan kemampuan memberi hidayah ini dari Nabi saw.. Dia berfirman,

"Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi Petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi pehAnj1k kepada orang yang dikehendaki-Nya."(al-Qashash : 56)

Allah telah memberi manusia lima macam hidayah yang dapat dipergunakannya untuk mencapai kebahagiaan.

1. Hidayah ilham fitrah, yang dimiliki bayi sejak lahir, di mana dia merasakan kebutuhan untuk makan dan minum sehingga dia menjerit meminta makan dan minum jika kedua orang tuanya lupa.

2. Hidayah indra, yang melengkapi hidayah pertama. Kedua hidayah ini sama-sama dimiliki oleh manusia dan hewan, malah pada permulaannya kedua hidayah ini lebih sempurna dalam diri hewan daripada dalam diri manusia, sebab ilham hewan segera menjadi sempurna tak lama setelah kelahirannya, sedangkan dalam diri manusia ilham tersebut berkembang secara bertahap.

3. Hidayah akal, yang lebih tinggi daripada kedua hidayah di atas. Manusia diciptakan sebagai makhluk berperadaban agar ia hidup bersama orang lain, sementara indra lahiriyah saja tidak cukup untuk hidup bermasyarakat, maka dari itu manusia dibekali akal yang dengannya bisa mengarahkan kejalan kehidupan.

4. Hidayah agama : hidayah yang tidak keliru, sumber yang takkan menyesatkan. Terkadang akal keliru dan nafsu terbawa arus kesenangan dan syahwat sehingga menjerumuskan seseorang ke datam kehancuran. Karena itu, manusia memerlukan suatu evaluator, pembimbing, dan penunjuk yang tidak terpengaruh oleh hawa nafsu.

Hidayah agama membantunya dan membimbingnya ke jalan yang lurus, baik setelah ia terjebak ke dalam kesalahan maupun sebelumnya. Hidayah ini senantiasa menjadi penjaga yang terpercaya yang menjadi pegangan manusia untuk membekali diri dengan kunci-kunci kebaikan dan mempersenjatai diri dengan gembok kejahatan, sehingga dia tidak akan tergelincir dan pasti selamat.

Hidayah ini juga membuatnya sadar akan batas-batas apa yang wajib atasnya terhadap kekuasaan Allah yang mana dia tunduk kepada-Nya jauh di datam hatinya, dan dia merasakan kebutuhan yang mendesak kepada Sang Pemilik kekuasaan tersebut Yang telah menciptakannya dengan bentuk yang sempurna dan telah memberinya berbagai nikmat tahir dan batin yang tidak terhitung banyaknya. Jadi, hidayah ini menjadi faktor yang paling dibutuhkan manusia untuk mewujudkan kebahagiaannya.

5. Hidayah pertolongan dan taufik untuk menapaki jalan kebaikan dan keselamatan. Hidayah ini lebih khusus daripada hidayah agama. Hidayah inilah yang Allah perintahkan kepada kita untuk senantiasa memohonnya datam firman-Nya,"Tunjukilah kami jalan yang Iurus."Artinya, berilah kami petunjuk, yang diiringi dengan pertolongan gaib dari-Mu, yang dengannya Engkau menjaga kami dari kesesatan dan kesalahan.

Rujukan: Tafsir Al-Munir Edisi Terjemahan, Tafsir Surah Al-Fatihah Juz 1, hal. 36-37
Name

akhlaq,6,Aqidah,25,Berita,2,biografi,19,Buku,11,dakwah,46,Dayah,11,Doa,12,Download,11,Dunia Muslim,18,ebook,11,Fiqih,114,gerhana,15,Ibadah,44,Infografik,7,Islam,61,jamaah,1,Jinayah,1,Jumat,41,khutbah,41,Kisah,20,LGBT,1,Masjid,15,Mazhab,1,Motivasi,209,Muamalah,12,Nikah,55,PELAJAR,5,Perpustakaan,34,Puasa,12,quote,3,quran,2,qurban,1,Ramadhan,12,santri,13,sejarah,24,Shalat,18,Syar'i,1,Tafsir,8,Tarawih,26,Thaharah,5,tokoh,11,Ulama,2,Video,56,Warisan,11,
ltr
item
Catatan Fiqih: 5 Macam Hidayah
5 Macam Hidayah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1mUodoYSpolzgD9zuSyI-e3VEtnHw8AmPRz4uwOzEJCnWeKrItY2vtcTYAIV12OP-AlsHK4dQ2pXPdO2mMLtuBz__k4BN4YKTAl7U37G9dXG3blYVjaEYa6bBRidiOndvxZvMJhIYuKk/s640/hidayah-alquran.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1mUodoYSpolzgD9zuSyI-e3VEtnHw8AmPRz4uwOzEJCnWeKrItY2vtcTYAIV12OP-AlsHK4dQ2pXPdO2mMLtuBz__k4BN4YKTAl7U37G9dXG3blYVjaEYa6bBRidiOndvxZvMJhIYuKk/s72-c/hidayah-alquran.jpg
Catatan Fiqih
https://www.catatanfiqih.com/2015/05/5-macam-hidayah.html
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/2015/05/5-macam-hidayah.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content