Ketika Hari Arafah Indonesia dan Saudi Berbeda

Hari Arafah merupakan puncaknya ibadah haji yang dilaksanakan pada tanggal 9 zulhijjah, dan keberadaan dari hari arafah ini pula yang men...



Hari Arafah merupakan puncaknya ibadah haji yang dilaksanakan pada tanggal 9 zulhijjah, dan keberadaan dari hari arafah ini pula yang menjadi perbedaan utama antara rukun haji dan umrah, dimana dalam pelaksanaan ibadah umrah tidak terdapat wuquf di arafah sehingga bisa dilaksanakan kapan saja.

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda “Al-Hajju Arafah”; Haji itu Arafah. Dan hari Arafah tersebut bertepatan dengan tanggal 9 dzulhijjah, seluruh umat islam yang sedang melaksanakan ibadah haji mestilah berada di arafah pada tanggal tersebut. Sementara puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang dilakukan oleh mereka yang tidak sedang melaksanakan wukuf atau haji, waktu pelaksanaanya bertepatan dengan tanggal 9 dzulhijjah. Titik temu antara kedua ibadah ini adalah sama-sama berada pada tanggal 9 zulhijjah, namun pada tahun ini tersiar kabar dari pemerintahan Saudi bahwa 9 zulhijjah jatuh pada hari senin bertepatan dengan tanggal 20 agustus 2018. Sementara hasil rukyat pemerintah indonesia menetapkan 9 zulhijjah jatuh pada hari selasa tanggal 21 agustus 2018.

Infografik: perbedaan waktu arafah

Mungkin ada yang bingung melihat perbedaan hasil rukyat kedua negara ini, terutama mengenai kapan berpuasa sunnah arafah dan merayakan Idul Adha, ikut Saudi atau ikut Indonesia? Mengenai sebab perbedaan ini, setidaknya ada beberapa alasan sebagai berikut:

Perbedaan geografis
Saudi berada di sebelah barat Indonesia, dengan posisi tersebut waktu Indonesia lebih cepat 4 jam. Akan tetapi, hilal justru lebih duluan dapat terlihat di Saudi, karena terlihatnya disebelah barat saat terbenam matahari.

Metode Penentuan Hilal dan Mathali'
Mengutip artikel dari rumahfiqih.com, Penentuan hilal bisa dengan metode rukyat ataupun hisab; hisab wujud al-Hilal atau juga Hisab Imkan ar-Ru’yah, atau gabungan dari keduanya. Hingga akhirnya kita akan menemukan perbedaan ulama pada masalah rukyat lokal atau Internasional; apakah setiap masyarakat harus mengikuti hasil perhitungan lokal, atau boleh juga mengikuti hasil dari negara Islam lainnya? Yang dalam bahasa fikihnya dikenal dengan sebutan wihdah al-Mathali’ wa ikhtilaf al-mathali’.

Mengenai masalah ikhtilaf al-mathali sebagian ulama berpendapat bahwa perbedaan mathali’ mempengaruhi perbedaan penentuan awal bulan di masing-masing daerah. Ini meruakan pendapat Ikrimah, al-Qosim bin Muhammad, Salim bin Abdillah bin Umar, Imam Malik, Ishaq bin Rahuyah, dan Ibnu Abbas.  (Fathul Bari, 4/123).

Bolehkah ikut Saudi?
Syaikh Ibnu Utsaimin seorang ulama terkemuka Saudi menurut beliau tidak harus mengikuti keputusan Saudi, setiap Negeri boleh mengikuti keputusan wilayahnya masing-masing. Berikut petikan lengkap fatwa beliau:

والصواب أنه يختلف باختلاف المطالع ، فمثلا إذا كان الهلال قد رؤي بمكة ، وكان هذا اليوم هو اليوم التاسع ، ورؤي في بلد آخر قبل مكة بيوم وكان يوم عرفة عندهم اليوم العاشر فإنه لا يجوز لهم أن يصوموا هذا اليوم لأنه يوم عيد ، وكذلك لو قدر أنه تأخرت الرؤية عن مكة وكان اليوم التاسع في مكة هو الثامن عندهم ، فإنهم يصومون يوم التاسع عندهم الموافق ليوم العاشر في مكة ، هذا هو القول الراجح ، لأن النبي صلى الله عليه وسلم يقول ( إذا رأيتموه فصوموا وإذا رأيتموه فأفطروا)

“Dan yang benar itu adalah sesuai perbedaan mathla’ (tempat terbit hilal). Sebagai contoh, kemarin hilal sudah terlihat di Mekah, dan hari ini adalah tanggal 9 Dzulhijjah. Sementara di negeri lain, hilal terlihat sehari sebelum Mekah, sehingga hari wukuf arafah menurut warga negara lain, jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, maka pada saat itu, tidak boleh bagi mereka untuk melakukan puasa. Karena hari itu adalah hari raya bagi mereka.

Demikian pula sebaliknya, ketika di Mekah hilal terlihat lebih awal dari pada negara lain, sehingga tanggal 9 di Mekah, posisinya tanggal 8 di negara tersebut, maka penduduk negara itu melakukan puasa tanggal 9 menurut kalender setempat, yang bertepatan dengan tanggal 10 di Mekah. Inilah pendapat yang kuat. Karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إذا رأيتموه فصوموا وإذا رأيتموه فأفطروا

“Apabila kalian melihat hilal, lakukanlah puasa dan apabila melihat hilal lagi (hari raya), maka berbukalah” (Majmu’ Fatawa Ibnu Utsaimin)




COMMENTS

Name

akhlaq,12,Aqidah,33,biografi,34,dakwah,3,Dayah,3,Download,8,Dunia Muslim,49,ebook,1,Fiqih,105,gerhana,2,Haji,4,hijab,2,Ibadah,129,ilmu,5,Infografik,22,Islam,169,jamaah,2,Jinayah,1,Jumat,6,khutbah,11,Kisah,5,kitab,1,LGBT,2,Masjid,3,Mazhab,1,menulis,3,mesjid,2,Motivasi,261,Muamalah,29,Nikah,72,PELAJAR,10,Perpustakaan,53,Puasa,22,quote,13,quran,10,qurban,3,Ramadhan,6,safari,1,santri,12,sejarah,11,Shalat,36,syaban,1,Syar'i,5,Tafsir,20,Tarawih,7,Tasawwuf,13,Taubat,1,Tauhid,2,Thaharah,13,tokoh,3,Ulama,14,Video,15,Warisan,9,Wuquf,1,zakat,1,
ltr
item
Catatan Fiqih: Ketika Hari Arafah Indonesia dan Saudi Berbeda
Ketika Hari Arafah Indonesia dan Saudi Berbeda
https://3.bp.blogspot.com/-TDhr-L2LM5o/W3sPuR2qRhI/AAAAAAAAISI/HbAIF2KF6MkZ8cI6PtTzVDryTVxvV-vwwCLcBGAs/s640/arafah.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-TDhr-L2LM5o/W3sPuR2qRhI/AAAAAAAAISI/HbAIF2KF6MkZ8cI6PtTzVDryTVxvV-vwwCLcBGAs/s72-c/arafah.jpg
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2018/08/ketika-hari-arafah-indonesia-dan-saudi.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2018/08/ketika-hari-arafah-indonesia-dan-saudi.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy