Khutbah Jumat: Hadapi Musibah dengan Sabar dan Istighfar

Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, adakalanya dalam keadaan senang dan bahagia, namun juga terkadang berada dalam situasi sedih karena musibah yang melanda. Kasus wabah virus corona adalah bagian dari bencana non alam yang bisa kita sebut sebagai sebuah musibah. Musibah adalah keniscayaan yang harus dihadapi oleh setiap manusia.

Khutbah Jumat: Hadapi Musibah dengan Sabar dan Istighfar


اْلحَمْدُ  الحمد لله, الحمد لله الذى خلق الْإِنسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ
مَمْنُونٍ أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن سيدنا محمدا عبده ورسوله.  اللهم صل على سيدنا محمد وعلى أله وصحبه أجمعين. اما بعد فياأيهاالحاضرون اتقوالله, اتقوالله حق تقاته ولاتموتن الا وانتم مسلمون, وقال الله تعالى إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ

Oleh: Saiful Hadi (*)

Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, adakalanya dalam keadaan senang dan bahagia, namun juga terkadang berada dalam situasi sedih karena musibah yang melanda. Kasus wabah virus corona adalah bagian dari bencana non alam yang bisa kita sebut sebagai sebuah musibah. Musibah adalah keniscayaan yang harus dihadapi oleh setiap manusia. Sebagaimana Allah tegaskan dalam alQur’an surat al-Baqarah ayat 155, yang berbunyi:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (QS. Al-Baqarah: 155)

Ayat ini menunjukkan kepada kita bahwa musibah atau bencana merupakan sesuatu yang harus dihadapi oleh setiap manusia. Bencana, apapun bentuknya, sesungguhnya merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada manusia, sebab sebagaimana pada bagian akhir dari ayat al-Baqarah di atas, telah Allah Ta’ala sampaikan bahwa ada kabar gembira bagi orang yang bersabar. Dalam ayat yang lain seperti dalam surat Al-Insyirah ayat 5 dan 6 telah Allah Ta’ala janjikan bahwa ada dua kemudahan dibalik setiap suatu kesulitan. Sehingga ditengah-tengah situasi yang sulit ini, Khatib mengajak kepada diri sendiri dan seluruh hadirin guna meningkatkan ketaqwaan dan bertawaqqal kepada Allah Ta’ala yang dibarengi dengan ikhtiar agar kita terbebas dari bencana tersebut.

Selain itu Khatib mengajak untuk memperbanyak Istighfar memohon ampunan kepada-Nya atas segala dosa dan kesalahan. Beristighfar selain untuk memohon keampunan terhadap segala dosa dan kesalahan, juga menjadi solusi terhadap segala permasalahan yang sedang dihadapi. Dalam kitab Tafsir al-Qurtubi dikisahkan, pada suatu ketika Imam Hasan al-Basri didatangi oleh orang-orang yang hendak mengadu terhadap permasalahan kehidupan yang mereka hadapi.

Orang pertama yang mendatangi beliau bercerita, bahwa dikampungnya sudah mengalami kemarau panjang. Mata air sudah mulai mengering, rerumputan yang menjadi pakan ternak pun juga sudah menguning, apalagi tanam-tanaman yang lain sudah pada gagal panen. Lalu dijawab oleh sang Imam, Istaghfirillah, ber-istighfarlah kamu kepada Allah, itu solusi untukmu.

Lalu datang orang selanjutnya mengadu kepada beliau. Ia berkata, "duhai Imam, sudah lama kami menikah namun belum juga dianugrahkan keturunan, apa yang harus kami lakukan". Imam Hasan al-Basri pun berkata Istaghfirillah, ber-istighfarlah kamu kepada Allah, itu solusi untukmu.

Dilain kesempatan, ada seorang lelaki yang mengadukan nasibnya kepada Imam Hasan al-Basri, bahwa betapa sempit kehidupannya, setiap waktu bekerja dan berusaha namun tetap saja belum bisa keluar dari jurang kemiskinan. Sang Imam pun mengatakan kepada lelaki tersebut,  Istaghfirillah, ber-istighfarlah kamu kepada Allah, itu solusi untukmu.

Masih dalam tafsir al-Qurtubi, dikisahkan bahwa Imam Hasan al-Basri didatangi oleh seorang laki-laki yang mengadu kepada beliau bahwa tanaman yang ada di kebunnya sudah banyak yang layu akibat terserang hama, ia datang meminta solusi pada sang Imam. Lalu Imam Hasan pun berkata, Istaghfirillah, ber-istighfarlah kamu kepada Allah, itu solusi untukmu.

Melihat Imam Hasan al-Basri selalu memberi jawaban yang sama padahal masalah yang ditanyakan berbeda-beda, akhirnya salah seorang muridnya bertanya, "wahai Tuan Guru, kenapa engkau memberikan jawaban yang sama persis, sementara persoalan mereka tidak sama?".

Imam Hasan al-Basri pun menjawab, "apa yang saya katakan sebagai jawaban untuk mereka bukanlah seenak saja saya menjawab, akan tetapi jawaban tersebut berdasarkan apa yang telah Allah ta'ala firmankan dalam QS. Nuh dari ayat 10 s.d. 12

فَقُلۡتُ ٱسۡتَغۡفِرُواْ رَبَّكُمۡ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارٗا

maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, (QS. Nuh, Ayat 10)

يُرۡسِلِ ٱلسَّمَآءَ عَلَيۡكُم مِّدۡرَارٗا

niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, (QS. Nuh, Ayat 11)

وَيُمۡدِدۡكُم بِأَمۡوَٰلٖ وَبَنِينَ وَيَجۡعَل لَّكُمۡ جَنَّٰتٖ وَيَجۡعَل لَّكُمۡ أَنۡهَٰرٗا

dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.” (QS. Surat Nuh, Ayat 12)

Setiap masalah yang mereka keluhkan telah Allah ta'ala jawab dalam ayat tersebut, yaitu dengan beristighfar. Dengan Istighfar, akan Allah ta'ala turunkan hujan yang akan menghilangkan kemarau, juga akan menghilangkan kemiskinan dengan memperbanyak harta, juga menganugrahkan keturunan, serta menumbuhkan tanaman-tanaman dalam kebun-kebun yang mereka miliki.

Demikianlah, beberapa fadhilah mengenai istighfar. Sehingga sudah sepatutnya untuk membiasakan diri memohon ampunan pada Allah ta'ala, dan semoga diangkat seluruh musibah dan bala. Aamin ya Rabbal Alamin.

(*) Disampaikan di Masjid Baitul Izzati - Kemukiman Lamgarot, Ingin Jaya - Aceh Besar | 20 Maret 2020

  • [accordion]
    • Donasi Kamu Untuk Catatan Fiqih
      • Catatan Fiqih berjalan atas kerja keras seluruh jejaring penulis dan editor. Jika kamu ingin agar kami bisa terus melahirkan catatan atau video yang mengedukasi publik dengan nilai-nilai Islam yang Rahmatan lil Alamin, silakan sisihkan sedikit donasi untuk kelangsungan website ini. Tranfer Donasi mu di sini:

        Paypal: hadissoft@gmail.com | atau 
        BRI 3906-01-010624-53-8 an. Saiful Hadi

COMMENTS

BLOGGER
Name

akhlaq,28,Aqidah,35,biografi,44,dakwah,17,Dayah,11,Doa,5,Download,8,Dunia Muslim,74,ebook,4,Fiqih,118,gerhana,2,Haji,4,hijab,3,Ibadah,131,ilmu,5,Infografik,23,Islam,188,jamaah,4,Jinayah,1,Jumat,8,khutbah,13,Kisah,19,kitab,2,LGBT,2,Masjid,4,Mazhab,7,menulis,3,mesjid,2,Motivasi,269,Muamalah,29,Nikah,74,PELAJAR,12,Perpustakaan,51,Puasa,25,quote,17,quran,13,qurban,3,Ramadhan,10,safari,1,santri,15,sejarah,15,Shalat,38,syaban,1,Syar'i,8,Tafsir,21,Tarawih,8,Tasawwuf,16,Taubat,3,Tauhid,2,Thaharah,14,tokoh,13,Ulama,22,Video,20,Warisan,10,Wuquf,1,zakat,1,
ltr
item
Catatan Fiqih: Khutbah Jumat: Hadapi Musibah dengan Sabar dan Istighfar
Khutbah Jumat: Hadapi Musibah dengan Sabar dan Istighfar
Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, adakalanya dalam keadaan senang dan bahagia, namun juga terkadang berada dalam situasi sedih karena musibah yang melanda. Kasus wabah virus corona adalah bagian dari bencana non alam yang bisa kita sebut sebagai sebuah musibah. Musibah adalah keniscayaan yang harus dihadapi oleh setiap manusia.
https://1.bp.blogspot.com/-ywQo7gURV3Y/XnRHBwsF2WI/AAAAAAAAJRg/-keGdPKx4awBmjS_-qefENCwWI54EBJ0gCLcBGAsYHQ/s640/SABAR.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ywQo7gURV3Y/XnRHBwsF2WI/AAAAAAAAJRg/-keGdPKx4awBmjS_-qefENCwWI54EBJ0gCLcBGAsYHQ/s72-c/SABAR.jpg
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2020/03/khutbah-jumat-hadapi-musibah-dengan.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2020/03/khutbah-jumat-hadapi-musibah-dengan.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy