Khutbah Jumat: Jangan Dekati Zina


Jangan Dekati Zina


Oleh: Tgk. Ikhram M. Amin, S.S, M.Pd

Pimpinan Pesantren Al Manar Cot Iri Aceh Besar 


Aceh merupakan daerah yang diatur keistimewaannya dengan UU Nomor 44 tahun 1999 tentang Keistimewaan Aceh, selanjutnya diatur pula dengan qanun tentang syariat Islam. Karena itu,  seharusnya di Aceh tidak ada lagi kemaksiatan dengan berlakunya dasar hukum tersebut. Apalagi dengan disahkannya UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA), maka Aceh sudah dapat mengatur sendiri dari segala sektor. Salah satunya untuk “menghadang” kemaksiatan yang dewasa ini merajalela, seolah-olah pemerintah mengabaikan amanah UUPA dan pelaksanaan syariat Islam di Aceh. Tak heran kita lihat dan baca di media  masa baik elektronik maupun media cetak maraknya perzinaan.


Perzinaan atau pelanggaran syariat Islam telah dilakukan secara masif atau tersembunyi di hotel-hotel, di tempat-tempat kos.  Hal ini kurang tersentuh oleh Pemerintah Aceh, maupun kabupaten/kota, karena bisa jadi keterbatasan pengawasan, finansial dan lain-lain. Akan tetapi, ini merupakan tanggungjawab kita secara moral, supaya Aceh tidak datang musibah yang kedua kali seperti tsunami dan gempa bumi.


Rasullulah SAW menyebutkan dalam matan hadisnya, “Barangsiapa diantara kalian yang melihat kemungkaran, maka hendaklah dia mengubah dengan kekuasaan yang ada pada dirinya (pemimpin), apabila dia tidak mampu hendaknya dia mengubah keadaan dengan lisannya (menasihatinya) dan apabila juga tidak mampu, maka hendak dia mengubah dengan membenci perbuatan tersebut (dengan hatinya), dengan kata lain dia membenci dengan tidak ikut-ikut terhadap maksiat tersebut.


Dosa besar


Ada beberapa dosa besar yang dibenci oleh Allah SWT salah satunya adalah zina yaitu melakukan hubungan seks yang belum ada ikatan nikahnya. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak kudapati dosa besar setelah berbuat syirik kepada Allah, kecuali orang yang memasukkan benihnya ke dalam rahim yang belum ada kehalalannya (wanita yang belum ada ikatan nikah)”.


Imam Ahmad rahimahullah berkata, “Aku tidak mengetahui setelah pembunuhan dosa yang besar daripada zina”.


Zina adalah satu dosa yang mengumpulkan semua keburukan dan kurangnya agama, hilangnya warak, rusaknya muruah, pengkhianatan, kebohongan, hilangnya sifat malu, lemahnya keyakinan, rusaknya keturunan, serta menghilangkan kenikmatan yang Allah halalkan. Zina juga menjerumuskan ke dalam penyesalan yang tak berkehabisan dan puncaknya, kembali dalam kehinaan hewani, bahkan lebih rendah, serta memperoleh kemarahan Allah.  


Di antara penyebab seseorang terjerumus ke dalam perbuatan yang nista ini  ialah lemah iman dan keyakinan terhadap hari pembalasan. Dalam hal ini, Allah berfirman  tentang ciri-ciri ibadurrahman:


“Dan mereka adalah orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan alasan yang benar dan mereka tida berzina. (QS Al-Furqan: 68)


Nabi kita Muhammad  bersabda: “Tidak berzina seorang pezina ketika ia berzina sedang ia beriman”. (HR Bukhari dan Muslim)


Menahan pandangan 


Pandangan adalah awal dari ketergelinciran, sebab mata adalah jendela hati, maka dari itu ketika Allah ingin menjaga kemuliaan orang-orang yang beriman dengan perintah menjaga kemaluan mereka. Allah awali perintah tersebut dengan perintah menundukkan pandangan dari yang diharamkan, baik laki-laki maupun perempuan, karena pandangan kepada yang haram adalah salah satu panah dari panah    setan. Panah    itu    dapat memindahkan seseorang kepada    titik-titik  kehancuran, walaupun pandangan itu pada awalnya tidak disengaja.


Allah berfirman: “Katakanlah kepada laki-laki beriman hendaklah mereka menahan pandangan mereka dan memelihara kemaluan mereka, yang demikian itu lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”.


Imam Al-Qurthubiy rahimahullah berkata: Sesungguhnya Imam Asya’biy berpendapat makruh hukumnya seorang laki-laki berlama-lama memandangi anak perempuannya  atau berlama-lama memandangi ibunya  atau berlama-lama memandangi saudarinya,  padahal zaman dimana imam Asya’bi hidup lebih  baik dari zaman kita saat ini dan kata beliau haram hukumnya seorang laki-laki memandangi berulang-ulang mahramnya dengan pandang syahwat.


Rasulullah SAW dalam matan hadisnya menyebutkan tiga azab yang didapatkan di dunia dan tiga lainnya di akhirat bagi penzina yang tidak bertaubat kepada Allah SWT. Dosa yang didapatkan di dunia adalah yang pertama, hilangnya kewibawaan (kehormatan). Kedua, terus hidup dalam kefakiran dan ketiga, Allah pendekkan usianya. Sedangkan di akhirat, pertama murkanya Allah kepadanya. Kedua, Allah susahkan dikala hisabnya dan ketiga jaminan masuk neraka. 


Segera taubat 


Oleh karena itu, orang yang terlanjur terjerumus ke dalam perbuatan nista ini, dengan segala bentuknya hendaklah segera bertaubat kepada Allah sebelum terlambat. Sebelum perbuatan ini menjadi kecanduan seseorang, sebab jika hal itu terjadi, maka  akan sangat sulit baginya untuk bertaubat dan meninggalkan perbuataannya.


Berhentilah sebelum Allah menghukum kita dengan mencabut kenikmatan dari apa yang Allah halalkan untuk kita sebagai salah satu bentuk hukuman dunia. Ketahuilah, tabiat syahwat itu tidak akan pernah dapat dipuaskan dengan memperturutkannya. 


Imam Ibnu Al-Qayyim berkata: “Para pecandu syahwat itu akan terus-menerus ketagihan untuk melakukannya sampai pada kondisi mereka tidak lagi merasakan kenikmatan ketika melakukannya, sedang mereka tidak lagi mampu untuk meninggalkannya”.


Karena itu, mari berhenti sebelum kita tidak mampu lagi untuk berhenti.  Bila penyesalan telah menyelimuti sanubari dan tekad tidak mengulangi perbuatan nista ini telah bulat, istighfar kepada Allah SWT senantiasa dipanjatkan. Bila jalan-jalan yang akan menjerumuskan kembali ke dalam kenistaan ini telah ditinggalkan, semoga berbagai dosa dan hukuman Allah SWT atas perbuatan ini dapat terhapuskan.


Lantas, bagaimana halnya dengan hukuman dera atau cambuk yang belum ditegakkan  atas pezina tersebut, apakah taubatnya dapat diterima?


Ada satu kisah menarik pada zaman Nabi SAW. Adalah sahabat Ma’iz bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengaku kepada Rasulullah SAW bahwa ia telah berzina. Berdasarkan pengakuan ini, Rasulullah SAW memerintahkan agar ia dirajam. Tatkala rajam telah dimulai dan sahabat Ma’iz merasakan pedihnya dirajam, ia pun berusaha melarikan diri. Akan tetapi, para sahabat yang merajamnya berusaha mengejarnya dan merajamnya  hingga meninggal. 


Ketika Rasulullah SAW diberitahu bahwa Ma’iz radhiyallahu ‘anhu berusaha melarikan diri, beliau SAW bersabda: “Tidahkah kalian tinggalkan dia, mungkin saja ia benar-benar bertaubat, sehingga Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengampuninya?” (HR  Ahmad, Abu Dawud, dan   Ibnu Abi Syaibah).


Berdasarkan hadits ini dan hadits lainnya, para ulama menyatakan bahwa orang yang berzina, taubatnya dapat diterima Allah SWT, walaupun tidak ditegakkan hukum dera atau rajam baginya, apalagi seperti di zaman sekarang ini, dimana hukum-hukum syariat belum ditegakkan. 


Di antara yang menguatkan pendapat ini ialah firman Allah SWT:  “Dan orang-orang yang tidak menyembah sesembahan lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan alasan yang  benar, dan tidak berzina; barang siapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat pembalasan atas dosanya. Yakni akan dilipatgandakan azab untuknya pada hari kiamat, dan ia akan kekal dalam adzab itu dalam keadaan terhina. 


Firman Allah SWT: Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal shalih, maka kejahatannya diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi      Maha Penyayang”. (QS Al-Furqan: 68-70)


Imam Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan, “Kejelekan yang telah lalu melalui taubatnya  yang sebenar-benarnya akan berubah menjadi kebaikan. Yang demikian itu, karena setiap kali pelaku dosa teringat lembaran kelamnya, ia menyesali, hatinya pilu, dan bertaubat atau memperbaharui penyesalannya.


Dengan penafsiran ini, dosa-dosa itu berubah menjadi ketaatan kelak pada hari kiamat, walaupun dosa-dosa itu tetap saja tertulis atasnya. Akan tetapi, semua itu tidak membahayakannya. Bahkan akan berubah menjadi kebaikan pada lembaran catatan amalnya, sebagaimana dinyatakan dalam hadits-hadits shahîh, dan keterangan ulama salaf. 


Editor: Smh  


#Khutbah Jum’at di Masjid Besar Abu Indrapuri,  Aceh Besar, 25 November 2022/30 Rabiul Akhir 1444 H 


[next]

Daftar Khatib dan Imam Jum'at se-Aceh Besar

25 November 2022 / 30 Rabiul Akhir 1444 H

1. Masjid  Darul Falah Cot Keu Eung
Khatib : Tgk. Abdul Rasyid Ulee Titi
Imam : Tgk. H. Syarifuddin Puteh

2. Masjid  Babussalam Kem. Lam Ujong, Kec. Krueng Barona Jaya
Khatib : Tgk. Suryadi, MA {Cot Keueng}
Imam : Tgk. Hasanuddin Dahlan, MA

3. Masjid Al Ikhlas Ie Alang-Kuta Cot Glie
Khatib : Ust. Sunardi Abdurrahim
Imam : Ust. Sunardi Abdurrahim

4. Masjid Istiqomah Kec. Simpang Tiga 
Khatib : Abu Ramli Basyah
Imam : Abu Ramli Basyah

4. Masjid Jamik Al Ittihadiyah Kec. Seulimeum
Khatib : Tgk. H. Mawardi TA
Imam : Tgk. H. Azhari

5. Masjid Jamik Buengcala Kec. Kuta Baro
Khatib : Dr. H. Tgk.  Muhibudthabari, MA
Imam : Tgk. Zulfikar

6. Masjid Besar Madinatussalam, Kec. Lhoong
Khatib : Tgk. Marwan
Imam : Tgk. Marwan

7. Masjid Nurul Hikmah Gp. Paroy, Kec. Lhoong
Khatib : Tgk. Bustami
Imam : Tgk. Abdullah

8. Masjid Baitul Muttaqin Gp. Glebruek, Kec. Lhoong
Khatib : Tgk. M. Daud
Imam : Tgk. Marzuki

9. Masjid Nurul Falah Kem. Blangme, Kec. Lhoong
Khatib : Tgk. Baharuddin
Imam : Tgk.  
Baharuddin

10. Masjid Baitussalam Gp. Umomg Seribe, Kec. Lhoong
Khatib : Tgk. Tarmilih
Imam : Tgk. Tarmilih

11. Masjid Al Qurban Gp. Birek, Kec. Lhoong
Khatib : Tgk. Muslem
Imam : Tgk. Muzakkir

12. Masjid Ahlussunnah Waljamaah Gp. Lamjuhamg, Kec. Lhoong
Khatib : Tgk. Ibrahim
Imam : Tgk. Ibrahim

13. Masjid Baitut Taqwa Gp. Pasi, Kec. Lhoong
Khatib : Tgk. Arifin
Imam : Tgk.  Bakhtiar

14. Masjid Asy Syafieyah Gp. Utamong, Kec. Lhoong
Khatib : Tgk. Nawi
Imam : Tgk. Umran

15. Masjid Al Ikhlas Gp. Jantang, Kec. Lhoong
Khatib : Tgk. M. Ramli
Imam : Tgk. Ibnu Sya'ban

16. Masjid Darut Thalibin Gp. Krueng Kala, Kec. Lhoong
Khatib : Tgk. Azhar
Imam : Tgk. Azhar

17. Masjid Al-Falah Lamjampok Kec.Ingin Jaya
Khatib : Tgk. Azhari
Imam  :  Tgk Muhammad Azhari 

18. Masjid Al-Fatah Kem. Sungai Limpah Kec. Sukamakmur
Khatib : Tgk. Martunis
Imam: Ust. Azhari, S.Pd.I

19. Masjid Babussalam Kem. Lamkunyet Kec. Darul Kamal
Khatib : Abu Darimi
Imam : Abi Muhibuddin

20. Masjid Babul Maghfirah, Tanjung Selamat, Kec. Darussalam.
Khatib : Tgk Safriansyah
Imam: Tgk M. Aji Adam

21. Masjid Baburridha Lam ilie, Kec. Indrapuri
Khatib : Tgk. Syahbuddin TA. Imam : Tgk. Suryadi Jamil, S.Ag 

22. Masjid Nurul Huda Gp. Deudap, Pulo Aceh
Khatib : Tgk. Nafiah
Imam : Tgk. Awaluddin

23. Masjid Babul Iman Limo, Kec. Indrapuri
Khatib : Tgk. Asri
Imam : Tgk. Asri

24. Masjid Al Ishlah Kec. Lhoknga 
Khatib : Tgk. Ramza
Imam : Tgk. Umairi 

25. Masjid Asy-Syuhada Lampanah, Kec. Indrapuri 
Khatib:  Ust. Masrul Marzuki
Imam : Ust. Masrul Marzuki

26. Masjid Besar Al Jihad Kec. Montasik
Khatib : Ust. Khalil Akbar
Imam : Ust. Muhamad Edi 

27. Masjid Jamik Bukit Baro Cot Goh, Kec. Montasik
Khatib : Drs.Tgk. Muslim Hasan
Imam : Ust. Hasanuddin Al Hafidz 

28. Masjid Al Faizin Lampeuneurut,
Kec. Darul Imarah
Khatib : Tgk. Bakhtiar, S.Pd
Imam : Tgk. Bakhtiar, S.Pd

29. Masjid Besar Abu Indrapuri di Sinyeu Kec. Indrapuri 
Khatib :  Ust.  Ikhram, M.Pd
Imam : Tgk. Mukhtaruddin, MA

30. Masjid Tabarru'ad Sihom Kec. Indrapuri
Khatib : Ust. Marfiandi
Imam : Ust. Marfiandi

31. Masjid Baburrayan Tgk Chiek Oemar Diyan, Kec. Indrapuri Aceh Besar
Khatib : Ust. Afrizal Sofyan, S.Pd, M.Pd
Imam : Ust. Rizaldi

32. Masjid Jamik Lambaro Kec. Kuta Baro
Khatib : Tgk. Suhaimi Lam Alu Raya 
Imam : Tgk. Ramli ZZ

33. Masjid Al-Hidayah Yonzipur 16 DA, Kec. Indrapuri
Khatib : Ust. Muhammad David Hidayatullah
Iman : Ust. Musyawir 

34. Masjid Nurul Jadid Gp. Lampeuneuen, Kec. Darul Imarah
Khatib : Tgk. Azhar
Imam. : Tgk. Azhar

35. Masjid Al Muhajirin Mata Ie, Kec. Darul Imarah
Khatb : Ust. Yusrin
Imam : Ust. Yusrin

36. Masjid Besar Samahani Kec. Kuta Malaka 
Khatib : Tgk. Fajri Alaidin
Imam : Abiya Saifullah AR

37. Masjid Rahmatullah Lampuuk, Kec. Lhoknga
Khatib : Tgk. Musliadi Punie
Imam : Tgk. Sulaiman Amin 

38. Masjid At-Taqwa Lampupok, Kec. Indrapuri
Khatib : Tgk. Aminuddin
Imam : Tgk. Al Muzanni, S.Sos

39. Masjid Jamik Nurul Huda Kem. Cot Saluran, Kec. Blang Bintang
Khatib : Tgk. Muhammad Zahri
Imam : Tgk. Khairul Huda

40. Masjid Baitul Makmur Gp. Cot Nambak, Kec. Blang Bintang
Khatib : Tgk. Muhajir 
Imam : Tgk. H. Abdad

41. Masjid As Sajidin Gp. Tanjong, Kec. Ingin Jaya 
Khatib : Prof. Dr. Tgk. Fauzi Shaleh, MA
Imam : Prof. Dr. Tgk. H. Muchsin Nyak Umar, SHI, MA

42. Masjid Baiturrahman Gp. Jantho Baru, Kec. Kota Jatho
Khatib : Tgk. Ahmad Yadi   
Imam : Tgk. M. Juned

43. Masjid Agung Al Munawwarah Kec. Kota Jantho 
Khatib : Tgk. Sirajuddin Amin S.Pd.I 
Imam : Tgk. Husaini Sp.

44. Masjid Jamik Silang Rukoh-Blang Krueng, Kec. Baitussalam
Khatib : Tgk. Asnawi Ulee Titi
Imam : Tgk. Nurdin Ali

45. Masjid Jamik Baitul Adhim Kec. Sukamakmur
Khatib : Tgk. Jufri
Imam : Tgk. Arsyallah

46. Masjid Bustanul Jannah Ajuen, Kec. Peukan Bada
Khatib : Tgk. Ajmalul Hadi
Imam : Tgk. Suwardi

47. Masjid Baiturrahim Lampisang Kec. Peukan Bada
Khatib : Tgk. Ridwan
Imam. : Tgk. Ridwan

48. Masjid Daroy Gp. Punie Kec. Darul Imarah
Khatib : Tgk. Marhaban
Imam : Tgk. Bakhtiar S

49. Masjid Baburrahmah Gp. Mesalee, Kec. Indrapuri
Khatib : Tgk. Irwan
Imam : Tgk. Muhammad Hs.

50. Masjid Baital Maqdis Seout, Kec. Indrapuri
Khatib : Ust. Umeer Martunis, Lc
Imam : Ust. Umeer Martunis, Lc

51. Masjid Jamik Leupung, Kec. Kuta Baro
Khatib : Tgk. Iqbal Cucum
Imam : Tgk. Nurdin Ishaq

52. Masjid Jamik Baitul Ahad Kem. Siem Kec. Darussalam 
Khatib : Tgk. Fathurrahmi, M.Si
Imam :  Tgk. Fathurrahmi, M.Si

53. Masjid Baitul Makmur Kem. Ateuk Kec. Kuta Baro
Khatib : Tgk.Syukri
Imam : Abi Mukhlis 

54. Masjid Jamik Al Munawwarah Kem. Meulayo Kec. Blang Bintang
Khatib : Tgk Mukhlis Abdullah
Imam : Tgk Mukhlis Abdullah

55. Masjid Jami' Babusshuluh Kem. Daroy Jeumpet
Khatib : Tgk. Fauzal Fikra
Imam : Tgk. H. Muslim Ajun

56. Masjid Jamik Baitul Jannah, Kem. Tungkob Kec. Darussalam 
Khatib : Tgk. H. Jasnawi Puni
Imam : Tgk. Harris Nur Iman, SH

57. Masjid Tanoh Lam Ara Tunong, Kec. Kuta Malaka
Khatib : Ust. Farhan
Imam : Ust. Farhan

58. Masjid Tuha Indrapuri Kec. Indrapuri 
Khatib: Ust. Fakhruddin Lahmuddin, M.Pd.
Imam : Tgk. Mukhtaruddin MA

59. Masjid Baitul Maghfirah Gp. Payatieng Kec. Peukan Bada Khatib : Dr. Tgk. Mulia Rahman, S.Pd, MA
Imam : Tgk. Ferdiansyah, SH

60. Masjid Al Ikhlas Kantor LAN, Kec. Darul Imarah
Khatib : Dr. Tgk. Syamsul Bahri
Imam : Tgk. M. Iqbal Hasan, SH.I

61. Masjid Jamik Babussalam Kem. Lamteungoh, Kec. Ingin Jaya
Khatib : Dr. Tgk. H. Sirajuddin Saman
Imam : Dr. Tgk. H. Sirajuddin Saman

62. Masjid Jamik Al Ittihadiyah Gp. Lamreueng, Kec. Ingin Jaya
Khatib : Tgk. Subhan Harun
Imam : Tgk. Jarnawi Syamsuddin

63. Masjid An Nuur TVRI Gp. Gue Gajah, Kec. Darul Imarah
Khatib : Ir. Tgk. H. Abdul Muthalib Bukhari, MM
Imam : Ir. Tgk. H. Abdul Muthalib Bukhari, MM

64. Masjid Nurussalam Kem. Piyeung, Kec. Montasik
Khatib : Tgk. Furqan
Imam : Tgk. M. Juli

65. Masjid Al Munawarah Ateuk Kec. Simpang Tiga 
Khatib : Ust. Nasrullah
Imam : Ust. Nasrullah

66. Masjid Al Hijrah Kompl. PNS Payaroh , Lampeneurut Kec. Darul Imarah 
Khatib : Tgk Sofyan
Imam : Tgk Sofyan

67. Masjid As-Syuhada Gp. Pulot Kec.Leupung 
Khatib : Tgk. Zamzami
Imam : Tgk. Zamzami

68. Masjid Al Ihklas Beuramoe Labuy Kec. Baitussalam             
Khatib : Tgk Munzir         
Imam : Tgk Muhammad Abdullah

69. Masjid Al Muhajirin Komplek Elang Blang Bintang
Khatib : Ust Fadzlul Ridho,  Lc. 
Imam : Ust Fadzlul Ridho,  Lc.  

70. Masjid Jamik Baitul Muttaqin saree Kec. Lembah Seulawah
Khatib : Tgk Ihsan 
Imam : Tgk Usman

71. Masjid Al-Iklas Lubuk Kec. Ingin Jaya
Khatib : Tgk. Hasyimi
Imam : Tgk. H. Rusydi Hamzah

Data penayangan tata laksana shalat Jum'at atas 71 Masjid se Aceh besar ini atas dukungan kerjasama BKM Masjid se Aceh Besar, BKPRMI Aceh Besar dan sejumlah Media Online (SMH/Ridha/Fandi)


  • [accordion]
    • Support Catatan Fiqih
      • Catatan Fiqih berjalan atas kerja keras seluruh jejaring penulis dan editor. Jika kamu ingin agar kami bisa terus melahirkan catatan atau video yang mengedukasi publik dengan nilai-nilai Islam yang Rahmatan lil Alamin, silakan sisihkan sedikit donasi untuk kelangsungan website ini. Tranfer Donasi mu di sini:

        Paypal: hadissoft@gmail.com | atau 
        BSI 7122653484 an. Saiful Hadi


COMMENTS

Name

akhlaq,6,Aqidah,25,Berita,2,biografi,19,Buku,11,dakwah,46,Dayah,11,Doa,12,Download,11,Dunia Muslim,18,ebook,11,Fiqih,114,gerhana,15,Ibadah,44,Infografik,7,Islam,61,jamaah,1,Jinayah,1,Jumat,41,khutbah,41,Kisah,20,LGBT,1,Masjid,15,Mazhab,1,Motivasi,209,Muamalah,12,Nikah,55,PELAJAR,5,Perpustakaan,34,Puasa,12,quote,3,quran,2,qurban,1,Ramadhan,12,santri,13,sejarah,24,Shalat,18,Syar'i,1,Tafsir,8,Tarawih,26,Thaharah,5,tokoh,11,Ulama,2,Video,56,Warisan,11,
ltr
item
Catatan Fiqih: Khutbah Jumat: Jangan Dekati Zina
Khutbah Jumat: Jangan Dekati Zina
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTOi9mIXtj9LcXHpsfMCzpBtzizrtzZ4rKOVF0qwxPjyD5LUnaFlEJfpqQa2o-HhBGhp7z5ByIBBiCLA7j4d-QXDY8P9__aG3v5-WOx41-IFFNDjgnratR6ch1mQv-LEB9FBL3vvBcxrG_MDwDDHJHpse6gal_KBzsUXpT2HWqxNw8BUVeOFp-d1fZ/s16000/25%20NOV.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTOi9mIXtj9LcXHpsfMCzpBtzizrtzZ4rKOVF0qwxPjyD5LUnaFlEJfpqQa2o-HhBGhp7z5ByIBBiCLA7j4d-QXDY8P9__aG3v5-WOx41-IFFNDjgnratR6ch1mQv-LEB9FBL3vvBcxrG_MDwDDHJHpse6gal_KBzsUXpT2HWqxNw8BUVeOFp-d1fZ/s72-c/25%20NOV.jpg
Catatan Fiqih
https://www.catatanfiqih.com/2022/11/khutbah-jumat-jangan-dekati-zina.html
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/2022/11/khutbah-jumat-jangan-dekati-zina.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content