Archive Pages Design$type=blogging

Love what you do

Oleh: Saiful Hadi Do what you love and love what you do, kalimat inspiratif yang satu ini kita semua pasti pernah membacanya, di jejari...


Oleh: Saiful Hadi

Do what you love and love what you do, kalimat inspiratif yang satu ini kita semua pasti pernah membacanya, di jejaring sosial banyak bermunculan banner banner yang memuat tulisan tersebut. Ada beberapa hal yang patut untuk dijadikan bahan renungan dibalik kalimat super tersebut.

Do what you love jika kita artikan ke dalam bahasa indonesia berarti lebih kurang kerjakan apa yang kamu sukai, sampai kesini rasanya masih normal dan wajar. Namun jika diterjemahkan ke dalam bahasa Aceh maka artinya "neu peu but ju peu peu yang galak dron". Disinilah terasa ada semacam unsur ancaman, karena biasanya orang Tua di Aceh ketika beliau mengucapkan kalimat demikian, itu artinya beliau sedang marah besar dengan tingkah polah yang sedang kita lakukan.

Bahkan dalam quran, Allah Ta'ala juga ada menyebutkan kalimat yang polanya seperti itu, misalkan seperti ayat اعملوا ماشئتم artinya kerjakanlah apa yang kamu sukai. Dalam kitab Ushul Fiqih syarah waraqat diterangkan bahwa salah satu fungsi dari fi'il Amar (kata kerja perintah) adalah bertujuan untuk tahdid (teguran), sebagaimana dalam contoh ayat tadi. Biarpun dalam ayat seolah-olah menyuruh untuk "kerjakanlah apa yang kamu sukai" , namun itu bukan berarti sebuah anjuran untuk mengerjakan apapun yang kita sukai, malahan ini adalah sebuah teguran besar bagi kita untuk tidak sembarangan dalam mengerjakan sesuatu, ini lantaran ada aturan-aturan syariat yang berfungsi sebagai rambu-rambu agar tidak sembarangan dalam bertindak. Singkat kata ada aturan main yang membatasi, tidak boleh "semau gue" terus.

Walhasil, kalimat do what you love setelah ditimang timang, itu malah kalimat yang penuh dengan teguran keras. Kita dituntut untuk berhati-hati dalam bertindak, penuh perhitungan dan tidak gegabah, apalagi semaunya terus.

Love what you do, cintai apa yang kamu kerjakan. Ya, mencintai pekerjaan yang sedang kita kerjakan merupakan upaya untuk menumbuhkan semangat dalam bekerja. Mencintai pasangan sepenuh jiwa juga merupakan langkah menggapai bahagia. Kekuatan cinta sanggup mengubah benci menjadi suka. Sebagaimana dikisahkan dalam Kitab Taisirul Khalaq, Khalid Bin Zaid bin Mu’awwiyyah berkata: “Makhluk Allah yang paling kubenci adalah keluarga Zubair hingga kunikahi salah satu diantara saudara mereka maka jadilah orang yang paling kucintai mereka”. Begitulah kekuatan cinta. Cintai pekerjaanmu agar semangat dalam bekerja, cintai pasanganmu agar engkau bahagia.

COMMENTS

Name

akhlaq Aqidah biografi Dayah Download Dunia Muslim Fiqih Haji hijab Ibadah Islam jamaah Jinayah Jumat khutbah Masjid menulis mesjid Motivasi Muamalah Nikah PELAJAR Perpustakaan Puasa quote quran qurban Ramadhan safari santri sejarah Shalat Syar'i Tafsir Tarawih Tasawwuf Tauhid Thaharah tokoh Ulama Video Warisan zakat
false
ltr
item
Catatan Fiqih: Love what you do
Love what you do
http://2.bp.blogspot.com/-XYVaWflIB40/VmuerRFb3LI/AAAAAAAAEpc/G18jr1POmkY/s640/love%2Bwhat%2Byou%2Bdo.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-XYVaWflIB40/VmuerRFb3LI/AAAAAAAAEpc/G18jr1POmkY/s72-c/love%2Bwhat%2Byou%2Bdo.jpg
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2014/09/love-what-you-do.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2014/09/love-what-you-do.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago