Archive Pages Design$type=blogging

Meminang dan Panjat Pinang

Seantero negeri hari ini larut dalam suka cita mengenang kemerdekaan. Berbagai event dalam rangka mengenangnya diadakan, mulai dari kegi...

Seantero negeri hari ini larut dalam suka cita mengenang kemerdekaan. Berbagai event dalam rangka mengenangnya diadakan, mulai dari kegiatan formal berupa upacara bendera, sampai berbagai macam kegiatan hiburan yang berlangsung dengan ceria. Setiap 17an, panjat pinang selalu menjadi acara primadona. Berbagai momen lucu akan selalu muncul dari acara yang satu ini, dan tidak kalah penting juga semangat juang tergambar dengan jelas saat tim pemanjat berusaha sekuat tenaga menuju ke puncak demi menggapai hadiah idaman. Berbagai usaha dikerahkan, biarpun surut berkali-kali namun tetap memanjat tanpa kenal lelah.

Kesuksesan menggapai hadiah dalam event panjang pinang tidak terlepas dari kekompakan anggota tim. Kerjasama yang baik dan saling bahu membahu merupakan kunci utamanya. Yang kuat dan besar menjadi pondasi, sementara yang kecil dan ringan terus beraksi naik, dan yang sedang-sedang menjadi penompang. Demikian sekelumit gambaran mengenai panjat pinang, perjuangan dan kerjasama merupakan nilai-nilai yang bisa diterapkan dikehidupan nyata.

Sementara meminang, biarpun berakar dari kata pinang namun sangat berbeda jauh dengan panjat pinang. Akan tetapi jika ditelusuri benang merah antara keduanya maka terdapat beberapa unsur kesamaan. Meminang dan panjat pinang, keduanya butuh usaha dan kesungguhan. Tidak mungkin bisa kita dapatkan gadis impian jika hanya duduk menghayal sambil menyeruput kopi yang disertai dengan kepulan asap rokok.

Syaikh Az-Zarnuji dalam Ta'lim Muta'alim mengutip sebuah pernyataan:
وقيل: من طلب شيئا وجد وجد ومن قرع الباب ولج ولج. وقيل: بقدرما تتعنى تنال ما تتمنى
Ada dikatakan : “siapa sungguh-sungguh dalam mencari sesuatu pastilah ketemu” “Barangsiapa mengetuk pintu bertubi-tubi, pasti dapat memasuki”. ada dikatakan lagi: “Sejauh mana usahamu, sekian pula tercapai cita-citamu”

Pada intinya, meminang itu butuh usaha, dan harus mengerahkan segala upaya. Jika tekat telah bulat, hati juga telah mantap, segeralah datangi walinya untuk meminang. Jangan pernah bermain curang dengan berpacaran, karena cinta yang sejati terbina atas dasar penikahan yang diakui oleh Agama maupun negara.

COMMENTS

Name

akhlaq Aqidah biografi Dayah Download Dunia Muslim Fiqih Haji hijab Ibadah Islam jamaah Jinayah Jumat khutbah Masjid menulis mesjid Motivasi Muamalah Nikah PELAJAR Perpustakaan Puasa quote quran qurban Ramadhan safari santri sejarah Shalat Syar'i Tafsir Tarawih Tasawwuf Tauhid Thaharah tokoh Ulama Video Warisan zakat
false
ltr
item
Catatan Fiqih: Meminang dan Panjat Pinang
Meminang dan Panjat Pinang
http://lh3.googleusercontent.com/-iXOzc9M9dJM/VdHHlVLbhFI/AAAAAAAAENg/FPM-sMks0kc/s640/Panjat%252520Pinang.jpg
http://lh3.googleusercontent.com/-iXOzc9M9dJM/VdHHlVLbhFI/AAAAAAAAENg/FPM-sMks0kc/s72-c/Panjat%252520Pinang.jpg
Catatan Fiqih
http://www.catatanfiqih.com/2015/08/meminang-dan-panjat-pinang.html
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/
http://www.catatanfiqih.com/2015/08/meminang-dan-panjat-pinang.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago