Tahun Baru dan Semangat Untuk Bersatu

Tahun baru hijrah

Oleh: Saiful Hadi

Shalat Jamaah bukan sekedar merapatkan shaf, namun nilai-nilainya juga harus diterjemahkan dalam kehidupan. Belakangan ini kita hanya fokus untuk hal-hal dhahir saja, sehingga terkadang melupakan nilai yang ada dibaliknya.Kita sibuk saling merapatkan kaki, namun terlupa untuk merapatkan hati.

Shalat berjamaah itu mengajarkan keteraturan, tapi parkir saja masih berhamburan. Bukan hanya itu, urusan alas kaki saja masih belum mampu kita benahi, hampir selalu pemandangan alas kaki yang berantakan didapati di mesjid-mesjid atau mushalla.

Hari berubah jadi minggu, dan berganti jadi bulan dan seterusnya tahun pun juga berganti, namun sudahkah kita menjadi lebih baik, Atau malah menjadi lebih buruk dibandingkan tahun sebelumnya. Rasulullah dalam sebuah hadist bersabda:

من كان يومه خيرا من امسه فهو رابح. ومن كان يومه مثل امسه فهو مغبون. ومن كان يومه شرا من امسه فهو ملعون. رواه الحاكم   
“Barang siapa hari ini LEBIH BAIK dari hari kemarin, dialah tergolong orang yang BERUNTUNG, Barang siapa yang hari ini SAMA DENGAN hari kemarin dialah tergolong orang yang MERUGIdan Barang siapa yang hari ini LEBIH BURUK dari hari kemarin dialah tergolong orang yang CELAKA” (HR. Hakim)

Secara tegas Rasulullah menyatakan, apabila hari ini lebih buruk dibandingkan yang kemarin maka tergolong orang yang celaka. Dan betapa celakanya kita, sehari semalam mengerjakan shalat lima waktu namun belum menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih baik. Sebab, shalat itu merupakan benteng diri terhadap hal keji dan munkar.

Memasuki tahun yang baru, mari berbenah diri, tidak cukup hanya sekedar rapat kaki, tapi harus saling merapatkan hati. Berjamaah akan menjadikan kita kuat, tidak mudah disusupi apalagi digoyah. Kesendirian membuat kita rapuh sehingga mudah untuk diruntuh. Kita jatuh bukan karena musuh, tapi karena persatuan yang sudah mulai layuh. Berharap untuk berjaya maka mulai sekaranglah saatnya saling bekerjasama.

COMMENTS

BLOGGER: 1

Name

akhlaq,6,Aqidah,25,Berita,2,biografi,19,Buku,11,dakwah,46,Dayah,11,Doa,12,Download,11,Dunia Muslim,18,ebook,11,Fiqih,114,gerhana,15,Ibadah,44,Infografik,7,Islam,61,jamaah,1,Jinayah,1,Jumat,41,khutbah,41,Kisah,20,LGBT,1,Masjid,15,Mazhab,1,Motivasi,209,Muamalah,12,Nikah,55,PELAJAR,5,Perpustakaan,34,Puasa,12,quote,3,quran,2,qurban,1,Ramadhan,12,santri,13,sejarah,24,Shalat,18,Syar'i,1,Tafsir,8,Tarawih,26,Thaharah,5,tokoh,11,Ulama,2,Video,56,Warisan,11,
ltr
item
Catatan Fiqih: Tahun Baru dan Semangat Untuk Bersatu
Tahun Baru dan Semangat Untuk Bersatu
Berjamaah akan menjadikan kita kuat, tidak mudah disusupi apalagi digoyah.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhufkvoZFZrVcYeOFQueRzv-HojtVpErV2Mt8USYPoaVaGMqKcm39qri05tx57KlwIqH9trvz9G1TzLQNJ8E0z4MzF_lXMYqPLHubjXpwEsWDwKHw1LTU5QTwFD2ndGh6uLaMaM6uEqWak/s640/Muharam.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhufkvoZFZrVcYeOFQueRzv-HojtVpErV2Mt8USYPoaVaGMqKcm39qri05tx57KlwIqH9trvz9G1TzLQNJ8E0z4MzF_lXMYqPLHubjXpwEsWDwKHw1LTU5QTwFD2ndGh6uLaMaM6uEqWak/s72-c/Muharam.jpg
Catatan Fiqih
https://www.catatanfiqih.com/2017/09/tahun-baru-dan-semangat-untuk-bersatu.html
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/2017/09/tahun-baru-dan-semangat-untuk-bersatu.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content