Tiga Peristiwa Besar Selama Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang mulia, penuh berkah, bulannya berpuasa, dan ibadah lainnya. Dan di bulan itu tercatat ada tiga peristiwa besar yang terjadi dalam sejarah hidup Rasulullah saw..


Tiga Peristiwa Besar Selama Ramadhan

Peristiwa pertama, diturunkannya Al-Quran yang mulia.Allah melantik Nabi saat beliau 40 tahun untuk alam semesta, menuju terangnya cahaya. Tepat pada tanggal 17 Ramadhan, 13 tahun sebelum Hijriyah beliau menerima wahyu pertama. Pakar astronomi, Syekh Mahmud Basya menuturkan, waktu itu bertepatan dengan awal Februari tahun 610 Masehi.

Mendekati turunnya wahyu pertama, Nabi sangat sering berkhalwat di gua Hira, dan beribadah khusyu’ di sana. Di tengah-tengah peribadatannya di gua Hira, Nabi didatangi sosok yang tak pernah dikenalnya.

“Bergembiralah wahai Muhammad, aku Jibril. Dan engkau adalah utusan Allah untuk umat ini,” tutur sosok malaikat itu.

Kemudian Jibril meminta Nabi membaca, Nabi menjawab tidak bisa. Perintah itu sampai diulang tiga kali oleh Jibril,

jawaban Nabi sama “Mâ anâ bi qarî’in, aku tidak bisa membaca.” Kemudian Jibril membacakan wahyu pertama, Surat al-Alaq ayat 1 sampai 5.

Selanjutnya, terjadi Perang Badar Kubra

Peristiwa besar ini terjadi pada hari Jumat 17 Ramadhan tahun 2 Hijriyah bertepatan dengan 13 Maret 624 Masehi. Dengannya Allah memuliakan Islam, meninggikan menaranya, dan mengikis berhala-berhala.

Dalam perang tersebut, Nabi membawa 300an pasukan Muslim, menghadapi 1000an pasukan kafir. Dengan tekad yang kuat membela Nabi, kaum Muslimin berhasil memporak-porandakan pasukan kafir.

Peristiwa Fathu Mekah

Berselang 6 tahun kemudian, tepatnya tanggal 20 Ramadhan tahun 8 Hijriyah

Rasulullah dan para sahabatnya berhasil menaklukan kota Mekah yang disebut dengan peristiwa Fathu Mekah. Pasca-perang itu, Nabi memerintahkan untuk menghancurkan berhala di sekitar Ka’bah yang berjumlah 360.

Selepas itu, kaum Muslimin mengumandangkan takbir, Rasulullah shalat di Maqam Ibrahim dan meminum air Zam Zam. Kaum kafir Quraisy yang sudah takluk diperlakukan dengan belas kasih oleh Nabi, beliau memaafkan dan membebaskan mereka. “Pergilah, Kalian bebas”, pungkas Nabi.

Demikian tiga peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadhan. Semoga di bulan yang mulia ini kita diberi keberkahan untuk menjadi mulia di sisi-Nya dan memperoleh predikat Taqwa.

sumber: Nu.or.id

COMMENTS

Name

akhlaq,6,Aqidah,25,Berita,2,biografi,19,Buku,11,dakwah,46,Dayah,11,Doa,12,Download,11,Dunia Muslim,18,ebook,11,Fiqih,114,gerhana,15,Ibadah,44,Infografik,7,Islam,61,jamaah,1,Jinayah,1,Jumat,41,khutbah,41,Kisah,20,LGBT,1,Masjid,15,Mazhab,1,Motivasi,209,Muamalah,12,Nikah,55,PELAJAR,5,Perpustakaan,34,Puasa,12,quote,3,quran,2,qurban,1,Ramadhan,12,santri,13,sejarah,24,Shalat,18,Syar'i,1,Tafsir,8,Tarawih,26,Thaharah,5,tokoh,11,Ulama,2,Video,56,Warisan,11,
ltr
item
Catatan Fiqih: Tiga Peristiwa Besar Selama Ramadhan
Tiga Peristiwa Besar Selama Ramadhan
Tiga Peristiwa Besar Selama Ramadhan, yaitu perang badar, fathu mekkah, dan diturunkannya Al-Quran
https://i.ytimg.com/vi/-T-9QqO3ul4/hqdefault.jpg
https://i.ytimg.com/vi/-T-9QqO3ul4/default.jpg
Catatan Fiqih
https://www.catatanfiqih.com/2019/05/tiga-peristiwa-besar-selama-ramadhan.html
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/2019/05/tiga-peristiwa-besar-selama-ramadhan.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content