Kisah Hikmah: Ketika Bos Preman Insaf

Ketika Bos Preman Insaf


Oleh: Saiful hadi

Dulunya, ada sebuah kampung yang mana seluruh penduduknya preman semua. Kepala desanya merangkap sebagai kepala preman bernama Jundub bin Junadah, dan Kampung itu bernama Kampung Ghifar. Dan yang uniknya, kampung itu berada dilokasi yang amat strategis yang menjadi jalur perdagangan pada masa itu. Semua orang yang hendak berniaga baik ke Syam, Yaman dan sekitarnya mestilah lewat itu kampung, dan saat melintas mesti nyetor "Pajak Nanggroe" ke preman setempat, jika tidak maka nyawa bisa melayang nantinya.

Namun pada suatu ketika, atas iradah Allah Ta'ala, Jundub ini berjumpa dengan Rasulullah. Seketika itu juga ia merasa insaf dengan tingkah laku selama ini serta secara tegas ia nyatakan masuk islam dengan bersyahadat di hadapan Nabi. Setelah itu Jundub berkata pada Nabi, "wasiatkan sesuatu kepadaku ya Rasulullah", lalu Nabi katakan: "pulang dulu, perbaiki diri dan dakwahkan kampung mu".

Sebelum ia pulang ia katakan pada Rasulullah, ya Rasulullah, saya hendak mengumumkan ke-Islaman saya ini di dekat Ka'bah, tapi kata Nabi, sebaiknya jangan, nanti kamu bisa digebuki oleh orang-orang musyrikin, tapi Jundub telah bertekat, saya dulunya jadi preman terang-terangan merampok, jadinya sekarang pun akan saya nyatakan islam secara terang-terangan.

Lantas kemudian, Jundub pun ke Ka'bah yang lagi ramai dikerumuni orang, lalu ia secara lantang menyatakan dirinya muslim, walhasil apa yang Nabi khawatirpun terjadi, ia dipukuli oleh orang-orang musyrik sampai pingsan, akhirnya datang Sayidina Ali meleraikan, cukup jangan pukul lagi dia, jika ia mati akan sangat susah nantinya melewati kampung Ghifar karena ia bos premannya disana.

Selang beberapa lama kemudian, penduduk Madinah dihebohkan dengan kedatangan serombangan orang berkuda yang di pimpin oleh Jundub bin Junadah. Dan rupanya mereka adalah penduduk kampung ghifar yang semuanya telah masuk islam berkat dakwah dari Jundub.

Tahukan anda, doa bangun tidur yang sering kita baca, tau-taunya diriwayatkan oleh seorang mantan preman yang bernama Jundub bin Junadah yang berasal dari kampung Ghifar, yang kemudian hari nama beliau dikenal dengan Abu Dzar Al-Ghifari. Penambahan kata-kata "al-Ghifari" untuk menunjukkan bahwa ia berasal dari kampung Ghifar, dimana dulunya kampung itu isinya preman2, akan tetapi sekarang sudah berubah menjadi insan-insan yang beriman. Indahnya Islam mengubah sesuatu yang dulunya buruk menjadi sebaik-baiknya bentuk.

Allahumma shalli ala muhammad.

COMMENTS

Name

akhlaq,6,Aqidah,25,Berita,2,biografi,19,Buku,11,dakwah,46,Dayah,11,Doa,12,Download,11,Dunia Muslim,18,ebook,11,Fiqih,114,gerhana,15,Ibadah,44,Infografik,7,Islam,61,jamaah,1,Jinayah,1,Jumat,41,khutbah,41,Kisah,20,LGBT,1,Masjid,15,Mazhab,1,Motivasi,209,Muamalah,12,Nikah,55,PELAJAR,5,Perpustakaan,34,Puasa,12,quote,3,quran,2,qurban,1,Ramadhan,12,santri,13,sejarah,24,Shalat,18,Syar'i,1,Tafsir,8,Tarawih,26,Thaharah,5,tokoh,11,Ulama,2,Video,56,Warisan,11,
ltr
item
Catatan Fiqih: Kisah Hikmah: Ketika Bos Preman Insaf
Kisah Hikmah: Ketika Bos Preman Insaf
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhH9g41zDMSp-_Dgugv6zEHi8pQCs37JvXAFNaO_eoQUbTnAdVtiHnXUiaT3imYIK_C4tUnh2ss7DQUrt0_fo1lb8XfYbUzjWXums4gP1IOjGt3TWiiDtT2L4x33WYEVw_UTcOXbU_Cq9s/s640/bos+preman+insaf.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhH9g41zDMSp-_Dgugv6zEHi8pQCs37JvXAFNaO_eoQUbTnAdVtiHnXUiaT3imYIK_C4tUnh2ss7DQUrt0_fo1lb8XfYbUzjWXums4gP1IOjGt3TWiiDtT2L4x33WYEVw_UTcOXbU_Cq9s/s72-c/bos+preman+insaf.jpg
Catatan Fiqih
https://www.catatanfiqih.com/2019/12/kisah-hikmah-ketika-bos-preman-insaf.html
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/
https://www.catatanfiqih.com/2019/12/kisah-hikmah-ketika-bos-preman-insaf.html
true
7393550621511658776
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content