Oleh: M. Ihsan Yaqub (*)
Apakah sah berpuasa sunnat arafah yg padahal jamaah haji melakukan wukuf di arafah bukan pada hari itu ? Dalam hal ini, perlu diketahui dulu yg bahwa 'arafah memiliki 2 arti :
- Arafah sebagai nama bagi masa / jatuhnya sebagai tanggal 9 zulhijjah.
- Arafah sebagai nama suatu tempat yg berada di Mekkah.
Maka dalam permasalahan ini , arafah disini mesti kita artikan sebagai nama bagi masa / zaman. Penentuan masuk waktu dlm suatu ibadah ini tidak bisa disamakan secara serentak di seluruh dunia. Tapi penentuan masuk waktu dalam suatu ibadah adalah tergantung negri yg ia domisili. Seperti halnya masuk waktu shalat zuhur di Indonesia tidaklah sama dgn masuk waktu Di Mekkah.
Begitu pula, terkadang masuk waktu penentuan 1 zulhijjah di Indonesia tidaklah sama penentuan 1 zulhijjah di Arab Saudi. Maka oleh karena itu, puasa dihari 'arafah (9 zulhijjah) sah hukumnya, walau tidak serentak dgn wukuf dipadang arafah. Karena maksud puasa hari 'arafah itu adalah berpuasa di hari 9 zulhijjah , bukan puasa saat jamaah haji melakukan wukuf di 'arafah .
* Santri Dayah MUDI Mesra, Dikutip dari pengajian bersama "Waled Tarmizi Cot Meurak" di Dayah Baitus Sa'adah, Lampeuneurut.
- [accordion]
- Support Catatan Fiqih
- Catatan Fiqih berjalan atas kerja keras seluruh jejaring penulis dan editor. Jika kamu ingin agar kami bisa terus melahirkan catatan atau video yang mengedukasi publik dengan nilai-nilai Islam yang Rahmatan lil Alamin, silakan sisihkan sedikit donasi untuk kelangsungan website ini. Tranfer Donasi mu di sini:
Paypal: hadissoft@gmail.com | atau BSI 7122653484 an. Saiful Hadi
COMMENTS